Tempuh Perjalanan 17 Jam, 80 WNI dan 3 WNA Berhasil Dievakuasi dari Ukraina ke Tanah Air

| 03 Mar 2022 21:05
Tempuh Perjalanan 17 Jam, 80 WNI dan 3 WNA Berhasil Dievakuasi dari Ukraina ke Tanah Air
WNI dari Ukraina tiba di Indonesia (Dok Kemulu)

ERA.id - Sebanyak 80 orang warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina telah tiba di Tanah Air. Mereka mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng sekitar pukul 17:10 WIB pada Kamis (3/3/2022).

Berdasarkan pantuan dari kanal YouTube MoFA Indonesia, mereka tiba dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Kedatangan mereka pun disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI M. Herindra.

Retno mengatakan, selain mengevakuasi WNI, pemerintah juga mengevakuasi tiga warga negara asing (WNA) dari Ukraina. Ketiga WNA ini merupakan keluarga dari WNI yang ikut dievakuasi. Sehingga total yang berhasil dievakuasi oleh pemerintah Indonesia dari Ukraina sebanyak 83 orang.

"Pada sore hari ini sekitar pukul 17:10 WIB, pesawat Garuda Indonesia dari Ukraina telah mendarat di Tanah Air," kata Retno dalam konferensi pers usai menyambut kedatangan para WNI dari Ukraina, Kamis (3/3/2022).

"80 warga negara Indonesia dan tiga warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan," imbuhnya.

Retno mengungkapkan, 83 orang yang ini sebelumnya telah menempuh perjalanan selama 17 jam sebelum tiba di Tanah Air. Pesawat sebelumnya berangkat dari Jakarta pada untuk penjemputan melaluu Bandara Udara Internasional Henri Coanda, Bucharest.

"Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat. Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest--Madinah--Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam," kata Retno.

Untuk diketahui, evakuasi WNI ini dilakukan pemerintah menyusul adanya serangan dari Rusia ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Rekomendasi