Meski Terjadi Perang, 32 WNI Memilih Tetap Tinggal di Ukraina karena Alasan Keluarga

| 06 Apr 2022 14:43
Meski Terjadi Perang, 32 WNI Memilih Tetap Tinggal di Ukraina karena Alasan Keluarga
WNI yang berhasil pulang ke tanah air (Antara)

ERA.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, masih ada 32 warga negara Indonesia (WNI) yang memilih bertahan di Ukraina, meskipun tengah dilanda operasi militer Rusia tersebut.

Retno merinci, dari 32 WNI tersebut, 23 orang diantaranya memilih tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga. Sementara sisanya merupakan staf KBRI.

"Masih terdapat 32 WNI yang memilih tinggal di Ukraina. 23 orang memilih tinggal dengan berbagai alasan pribadi, termasuk alasan keluarga, dan sisanya staf KBRI," kata Retno dalam rapat kerja di Komisi I DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Meski begitu, pemerintah telah berhasil mengevakuasi 133 WNI keluar dari Ukraina. Sebagian diantaranya telah berada di Tanah Air.

Adapun rincian WNI yang dievakuasi keluar dari Ukraina dan telah kembali ke Indonesia berjumlah 80 orang pada gelombang pertama dan 34 orang dipulangkan melalui beberapa gelombang evakuasi.

"Dan 2 orang yg tidak melakukan lapor diri telah dikonfirmasi berada di Indonesia," Kata Retno.

Namun, terdapat 12 WNI yang melakukan evakuasi secara mandiri ke negara-negara lain.

"5 orang telah dievakuasi ke Bucharest, namun memilih pulang ke negara residensinya, yaitu ke Rusia, Turki, Denmark dan Qatar," kata Retno

Tags : WNI Ukraina
Rekomendasi