Positif Covid-19, 14 WNI Dari Ukraina Masih Tinggal di Bucharest, Romania

| 03 Mar 2022 22:30
Positif Covid-19, 14 WNI Dari Ukraina Masih Tinggal di Bucharest, Romania
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (Antara)

ERA.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, belum seluruh warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina yang dievakuasi melalui Bucharest, Romania berhasil tiba di Tanah Air. Masih terdapat 14 orang lainnya yang tertinggal di Bucharest.

"Terdapat 14 evacuee yang masih harus tinggal di Bucharest untuk sementara waktu dan belum dapat ikut rombongan dalam kepulangan ini," ungkap Retno dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube MoFA Indonesia, Kamis (3/3/2022).

Menurut Retno, 14 orang ini terpaksa masih harus berada di Bucharest, Romania lantaran 12 orang diantaranya terpapar Covid-19. Sementara dua orang lainnya memilih tinggal untuk menenami anaknya yang positif Covid-19.

"Dari tes yang dilakukan, 12 orang evacuee diketahui positif Covid-19. Sementara dua orang lainnya memilih tinggal di Bucharest untuk menemani anak mereka yang positif Covid-19," kata Retno.

Retno memastikan, pemerintah akan terus memantau kondisi 14 orang tersebut. Mereka akan didampingi oleh pihak KBRI Bucharest. Nantinya, mereka akan menyusul kembali ke Tanah Air dengan menggunakan pesawat komersil.

"14 orang tersebut akan terus dipantau dan didampingi KBRI Bucharest. Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersil," kata Retno.

Adapun pada hari ini sebanyak 80 WNI dan tiga WNA telah tiba di Tanah Air. Mereka menumpangi pesawat Garuda Indonesia dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng sekitar pukul 17:10 WIB.

Retno mengungkapkan, 83 orang yang ini sebelumnya telah menempuh perjalanan selama 17 jam sebelum tiba di Tanah Air. Pesawat sebelumnya berangkat dari Jakarta pada untuk penjemputan melaluu Bandara Udara Internasional Henri Coanda, Bucharest.

"Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat. Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest--Madinah--Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam," kata Retno.

Untuk diketahui, evakuasi WNI ini dilakukan pemerintah menyusul adanya serangan dari Rusia ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Kami juga pernah menulis soal Sembuh dari Covid-19, Ini Hal yang Langsung Dilakukan Ratu Elizabeth II Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi