Kalahkan Ahok, Kepala Otorita IKN yang akan Dilantik Jokowi Merupakan Alumni ITB dan Lulusan Berkeley

| 10 Mar 2022 11:30
Kalahkan Ahok, Kepala Otorita IKN yang akan Dilantik Jokowi Merupakan Alumni ITB dan Lulusan Berkeley
Bambang Susantono (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan melantik Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang bertempat di Kalimantan Timur. Pelantikan akan dilangsungkan pada pukul 15:00 WIB di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (10/3).

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan Jokowi sempat membeberkan kriteria Kepala Otorita IKN Nusantara yang akan menjadi pilihannya.

Misalnya pada Januari lalu, Jokowi menyebut bahwa Kepala Otorita IKN Nusantara minimal harus pernah punya pengalaman memimpin daerah dan memiliki latar belakang pendidikan arsitektur.

Selang satu bulan, Jokowi kembali membocorkan kriteria Kepala Otorita IKN. Kali ini dia bahkan menegaskan yang nantinya dipilih bukan dari kalangan partai politik.

"Secepatnya (melantik Kepala Otorita IKN), non parpol," kata Jokowi saat menghadiri peresmian NasDem Tower, Jakarta, Selasa (22/2).

Pernyataan terakhir Jokowi itu kemudian menggugurkan sejumlah nama yang sebelumnya digadang-gadang bakal dipilih sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara.

Diantaranya yaitu mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dan mantan Bupati Banyuwangi Abudullah Azwar Anas. Diketahui keduanya merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Untuk diketahui, IKN Nusantara disebut-sebut memiliki konsep smart forest city atau kota hutan pintar. pemerintah mengupayakan 70 persen area hijau dan pengurangan temperatur 2 drajat di IKN Nusantara.

Proyek pembangunan tahap awal IKN juga difokuskan untuk melakukan revitalisasi dan rebosiasi hutan. Selanjutnya pemerintah akan melanjutkannya dengan membangun berbagai infrastruktur dasar di kawasan tersebut. Mulai dari kompleks pemerintahan hingga pemukiman penduduk.

Nantinya, Bambang Susantono diharapkan mampu mewujudkan dan melaksanakan keinginan dari Jokowi terhadap pembangunan IKN Nusantara.

Terkait dengan penunjukan Kepala Otorita IKN, hal ini sudah diatur dalam Pasal 5 Ayat 4 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN yang menyebutkan kepala otorita ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan presiden setelah berkonsultasi dengan DPR RI.

Namun, untuk penunjukan yang pertama ini tidak perlu mendapatkan persetujuan dari DPR RI.

Bambang Susantono Sesuai Kriteria Kepala Otorita IKN Pilihan Jokowi?

Bambang diketahui pernah berada dalam lingkaran pemerintah. Pada 2010-2014, Bambang tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan di era pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu dia juga mempunyai berbagai pengalaman dan keahlian dalam bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah.

Menurut catatan, Bambang merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Awal karirnya dimulai dengan bekerja di Departemen Pekerjaan Umum.

Bambang kemudian menempuh pendidikan lanjutan di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat pada 1996. Di situ dia meraih gelar master tata kota dan wilayah.

Selain pernah berada di lingkaran pemerintahan, Bambang juga memiliki kiprah di tingkat internasional. Dia diketahui pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS).

Hingga saat ini, dia tercatat menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan dengan kantor pusat di Johannesburg, Afrika Selatan.

Kami juga pernah menulis soal Jokowi Akan Lantik Eks Menteri Era SBY Jadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Hari Ini Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi