Pimpin IPU ke 144, Puan Maharani Bahas Demokrasi Hingga Kesetaraan Gender

| 20 Mar 2022 09:11
Pimpin IPU ke 144, Puan Maharani Bahas Demokrasi Hingga Kesetaraan Gender
Ketua DPR Puan Maharani (Dok. DPR)

ERA.id - DPR RI menjadi tuan rumah pelaksanaan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke 144. Acara tersebut diselenggarakan pada 20-24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali.

Ketua DPR RI Puan Maharani didapuk untuk memimpin jalannya persidangan IPU ke 144.

"Sebagai tuan rumah penyelenggara, maka secara otomatis Ketua DPR RI akan memimpin seluruh persidangan sebagai Presiden of Assembly," kata Puan dalam konferensi pers, di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3/2022).

Puan mengatakan, sebagai salah satu anggota IPU, Indonesia dapat berperan dalam menyelesaikan permasalahan global. Dia juga berharap hasil IPU ke 144 ini dapat menjadi kebijakan di dunia internasional dan diimplementasikan secara konkret.

"Harapan kami melalui IPU ini Indonesia akan dapat mencapai keseluruhan resolusi yang diadopsi dapat menyelesaikan permasalahan global yang penting dan dianggap perlu untuk mendapatkan perhatian seluruh komunitas yang ada di seluruh dunia," kata Puan.

Selama persidangan IPU ke 144, Puan mengatakan akan menyampaikan sejumlah isu-isu global. Di samping isu perubahan iklim yang menjadi tema IPU ke 144, dia juga akan membahwa isu-isu demokrasi hingga kesetaraan gender.

"Dan tema-tema lain tentu saja kami akan membahas terkait dengan pandemi covid, SDG's, kesetaraan gender, demokrasi dan HAM, serta bagaimana perdamaian dan keamanan di dunia dapat tercipta sebagai kesatuan," kata Puan.

Lebih lanjut, Puan mengaku bangga Indonesia menjadi tuan rumah IPU ke 144. Menurutnya, sebanyak 115 negara konfirmasi hadir dalam penyelenggaraan IPU tahun ini.

Digelarnya IPU tahun ini membuktikan Indonesia adalah negara yang dipercaya oleh dunia internasional karena dianggap mampu dan aman serta nyaman dalam menyelenggarakan IPU ke-144.

"IPU di Bali ini tentu saja sangat menjadi strategis. Karena sebagai tuan rumah, Indonesia dapat berperan aktif dalam menyelenggarakan dan melaksanakan masalah-masalah global," katanya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong mengapresiasi kepemimpian Puan dalam pelaksanaan IPU ke-144. Forum IPU kali ini sekaligus untuk merayakan kepemimpinan perempuan di bulan perempuan internasional.

"Kepemimpinan Puan Maharani di penyelenggaraan IPU sekarang menjadi simbol kepemimpinan perempuan dunia,” ungkap Martin.

Martin pun mengungkapkan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan dunia, termasuk lewat parlemen.

“Semoga jumlah perempuan di parlemen Indonesia terus meningkat,” tuturnya

Sidang IPU ke-144 akan dihadiri oleh delegasi dari 115 negara, dengan 33 ketua parlemen negara dunia akan hadir langsung. Total peserta IPU kali ini ada sekitar 1.000 orang.

Selain Ketua parlemen atau anggota parlemen, IPU ke-144 turut dihadiri pimpinan organisasi internasional, para ahli/pakar dan praktisi sebagai narasumber sesi sidang, serta stakeholder lainnya. IPU akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (20/3/2022) malam.

Rekomendasi