Beredar Kabar Besok Reshuffle, Gerindra: Itu Tergantung Presiden

| 22 Mar 2022 18:05
Beredar Kabar Besok Reshuffle, Gerindra: Itu Tergantung Presiden
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Antara)

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tak mempermasalahkan kapan reshuffle kabinet akan dilakukan, sebab itu merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo.

Dia meyakini, sebelum merombak kabinet, Jokowi sudah membaca dinamika di tengah masyarakat.

"Soal reshuffle tentunya itu adalah kewenangan presiden. Mau dia ada maksudnya reshuffle mau Rabu, itu tergantung presiden aja. Kalau ada ya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Terkait dengan komposisi kabinet saat ini, Dasco mengatakan, yang bisa mengukur hal tersebut hanya Jokowi selaku presiden. Dia meyakini, Jokowi memiliki pertimbangan sendiri.

"Ya masalah oke nggak oke itu presiden yang tahu. Tapi memang presiden akan membaca dinamika di masyarakat terkait dinamika di Indonesia," kata Dasco.

Dasco menilai, dari dinamika masyarakat yang diserap oleh Jokowi itulah yang nantinya bisa dijadikan pertimbangan untuk merombak kabinetnya.

"Tentunya itu akan menjadi bahan penilaian bagi presiden, apabila ada reshuffle untuk kemudian ya, mempertimbangkan mana yang dipertahankan, mana yang diistirahatkan," kata Dasco.

Sebelumnya, beredar kabar ada pertemuan antara Jokowi dengan Zulkifli dilakukan pada akhir awal Februari 2022. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyinggung ingin merombak kabinet dan menyertakan PAN di dalam susunan menterinya.

Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB Luqman Hakim mengaku juga mendengar kabar yang sama. Dia bahkan mengungkapkan bahwa PAN akan dapat jatah menteri dan wakil menteri.

"PAN dapet satu menteri plus satu wamen," kata Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB Luqman Hakim kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Namun, Luqman belum mengetahui posisi kementerian apa yang akan diberikan kepada PAN. Dia juga mengaku mendapat kabar, reshuffle kabinet akan dilakukan pada akhir Maret 2022.

"Kalau kabar kabar warung kopi begitu, infonya akhir Maret ini," kata Luqman.

Adapun tanggal 23 Maret 2023 besok bertepatan dengan hari Rabu dengan pasaran Jawa, Pon. Biasanya, Presiden Jokowi kerap mengambil keputusan ataupu mengumumkan sesuatu yang penting setiap Rabu Pon.

Rekomendasi