Prediksi 40 Juta Pemudik Bakal Gunakan Motor dan Mobil, Menhub Minta Menteri PUPR Perbaiki Jalan Tol

| 06 Apr 2022 21:14
Prediksi 40 Juta Pemudik Bakal Gunakan Motor dan Mobil, Menhub Minta Menteri PUPR Perbaiki Jalan Tol
Ilustrasi pemudik (Antara)

ERA.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku sudah meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mempersiapkan infratruktur menjelang mudik Lebaran 2022. Khususnya mempersiapkan jalan tol di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Sebabnya, kata Budi, diprediksi ada 79,4 juta orang yang mudik dan paling banyak mengarah ke wilayah Jawa Tengah.

"Tentu jalur-jalur tertentu kami minta tolong pada Pak Menteri PUPR agar jalan tol yang ada di Jawa yang memang kadang-kadang jumlahnya banyak, dilakukan suatu perbaikan-perbaikan agar perjalanan menjadi baik," kata Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Budi memaparkan, dari hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Menhub) diprediksi masyarakat yang mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor sebanyak 40 juta. Kemudian kendaraan umum sebanyak 26 juta, mudik via udara 8 juta, kereta api 8 juta, dan laut 1,1 juta.

Untuk itu pihaknya pun melakukan koordinasi dengan beragam stakeholder, seperti halnya Korlantas Polri.

"Ini harus dicermati dengan baik. Kami sudah berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan upaya-upaya yang baik," kata Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk berhati-hati dalam menghadapi mudik Lebaran. Dia memprediksi hampir seluruh masyarakat akan melakukan mudik.

Oleh karenanya, dia meminta jajajaranya benar-benar mempersiapkan jalur mudik secara ekstra. Jangan sampai terjadi penumpukan di jalur-jalur mudik.

"Semua, Kapolri dibantu TNI, Menhub betul-betul menyiapkan ini jangan sampai keliru mempersiapkan jalur mudik yag baik dan bis meminimalisir kemacetan dan penumpukan arus mudk maupun arus balik nantinya. Harus mulai dihitung betul," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada Selasa (5/6/2022).

Rekomendasi