Demo 11 April 2022, Sejumlah Rantis Siaga di Gedung DPR RI

| 11 Apr 2022 12:12
Demo 11 April 2022, Sejumlah Rantis Siaga di Gedung DPR RI
Kendaraan taktis (Rantis) di Gedung DPR (Gabriella Thesa Widiari/ERA)

ERA.id - Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar demo di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Dari pantauan ERA, sejumlah kendaraan taktis (Rantis) seperti kendaraan pengurai massa (Raisa), water Cannon, hingga baracuda disiagakan di halaman gedung DPR RI.

Sementara kondisi lalu lintas di depan gedung parlemen masih terpantau lancar. Belum terlihat adanya kumpulan massa yang mendekati Kompleks Parlemen.

Untuk diketahui, BEM SI tetap menggelar demo pada 11 April 2022 menuntut pembatalan wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Awalnya, aksi unjuk rasa akan dipusatkan di sekitar Istana Negara, namun dipindah ke depan Gedung DPR RI.

Demonstrasi itu rencananya akan digelar mulai pukul 10.00 WIB. Mereka membawa empat tuntutan. Salah satunya mendesak wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode.

Berikut empat tuntutan yang disuarakan BEM SI:

1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

Rekomendasi