Jumlah Pemudik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo Bakal Naik 600 Persen Dibanding Tahun Lalu

| 16 Mar 2023 19:26
Jumlah Pemudik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo Bakal Naik 600 Persen Dibanding Tahun Lalu
Terminal Tirtonadi Solo (Antara)

ERA.id - Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo mengatakan prediksi jumlah pemudik yang menggunakan armada bus di masa lebaran 2023 meningkat 600 persen. Hal ini dikarenakan sudah tidak ada pembatasan karena Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Koordinator Terminal Tirtonadi Tipe A Kota Solo, Bandiyono. Ia menyampaikan, di masa pandemi Covid-19, pemudik di Terminal Tirtonadi di kisaran 10 ribu sampai 100 ribu orang.

”Tahun ini diperkirakan menjadi 600 ribu orang,” katanya saat ditemui Kamis (16/3/2023).

Sementara untuk pemudik yang masuk Jawa Tengah, pada lebaran tahun 2023 ini juga mengalami peningkatan. Diperkirakan akan ada 32 juta orang yang datang ke Jawa Tengah dari berbagai kota di Indonesia.

”Perkiraannya Jawa Tengah jadi yang terbesar, sampai 32 juta orang yang diprediksi mudik,” ucapnya.

Untuk itu Terminal Tipe A Tirtonadi melakukan sejumlah persiapan maksimal untuk menghadapi angkutan lebaran. Pemeriksaan ramp check hingga pemasangan posko lebaran serta penyisiran area di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo menggunakan anjing pelacak K-9 milik Polresta Solo.

Penyisiran dilakukan mulai sebelum bulan Ramadhan dan akan dilakukan secara berkala menjelang lebaran 2023. Selain itu, pihaknya juga menyiagakan sebanyak 78 personel selama masa mudik dan balik lebaran 2023 di Terminal Tirtonadi Solo.

"Kalau ram check setiap kali kita lakukan namun nanti akan ada operasi besar yang melibatkan personal eksternal. Terkait posko nanti kami akan merujuk pada instruksi dari Kementerian Perhubungan dalam hal ini direktorat jenderal Perhubungan darat," katanya.

Rekomendasi