Selain Anies, Kader NasDem Juga Usulkan Andika Perkasa dan Ganjar Sebagai Capres 2024 ke Surya Paloh

| 04 May 2022 20:45
Selain Anies, Kader NasDem Juga Usulkan Andika Perkasa dan Ganjar Sebagai Capres 2024 ke Surya Paloh
Andika Perkasa (Antara)

ERA.id - Sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem mulai buka kartu terkait siapa saja tokoh yang akan direkomendasikan kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh, untuk dipilih sebagai calon presiden (capres) 2024.

Nama-nama tersebut nantinya akan diserahkan saat rapat kerja nasional (Rakernas) Partai NasDem pada 15-17 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

DPW NasDem DIY misalnya, merekomendasikan tiga nama sebagai capres 2024. Ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Kami mengusulkan tiga nama berdasarkan hasil survei internal. Anies, Ganjar dan Andika adalah tokoh teratas berdasarkan survei yang diinginkan masyarakat Yogyakarta," kata Ketua DPW NasDem DIY Subardi, melalui keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Subardi mengatakan, berdasarkan survei internal pihaknya mempertimbangkan tingkat keterpilihan dan efek perolehan suara bagi Partai NasDem di Yogyakarta.

Selain itu, ketiga nama tersebut juga merupakan usulan dari kader-kader DPW NasDem se-DIY.

"Jadi ini bagian dari demokrasi di dalam NasDem. Usulan tersebut akan dibawa ke Rakernas. Tentu Ketua Umum memiliki pertimbangan khusus," kata Subardi.

Lebih lanjut, NasDem Jogja juga berharap, poros koalisi yang dibangun DPP mencakup diantara ketiga nama tersebut. Meski demikian, seluruh struktur NasDem di Yogyakarta akan siap memenangkan siapa kandidat yang diputuskan Ketua Umum Surya Paloh.

"Bisa saja ketiganya menjadi daya tawar untuk membangun koalisi untuk 2024. Tetapi sekali lagi, mesin partai di seluruh DIY akan mendukung siapapun capres pilihan NasDem," kata Subardi.

Para kader NasDem di Yogyakarta juga meyakini strategi Surya Paloh akan membawa kiprah Partai NasDem menjadi semakin besar. Subardi menjelaskan, sistem demokrasi yang berjalan dari bawah dalam penentuan calon presiden akan mencegah pro dan kontra di internal.

"Pak Surya memiliki insting politik luar biasa. Terbukti dua pemilu sebelumnya NasDem menang dan meraih peringkat 4 besar di parlemen. Saya yakin keputusan nanti tidak akan memicu pro dan kontra di internal," ujarnya.

Sebelumnya, DPW Partai NasDem Jawa Barat bakal merekomendasikan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Iya (merekomendasikan Anies sebagai capres 2024)," kata Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saat Mustopa kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Menurut Saan, mayoritas DPD Partai NasDem juga akan mengusulkan nama Anies sebagai capres 2024 pada saat rakernas nanti.

"Dari sekian banyak DPD, itu kan mayoritas, umumnya kan minta Pak Anies untuk dipertimbangkan untuk diusulkan dalam rakernas ke ketua umum (Surya Paloh)," kata Saan.

Rencananya, Rakernas Partai NasDem akan digelar pada 15-17 Juni 2022 di JCC, Jakarta. Salah satu agenda yang akan dibahas adalah menyerahkan rekoemendasi capres 2024 dari kader-kader NasDem kepada Surya Paloh. 

Rekomendasi