Di Forum Pariwisata Dunia, Menpar Sandiaga Uno Promosikan Tenun Flores

| 12 May 2022 16:00
Di Forum Pariwisata Dunia, Menpar Sandiaga Uno Promosikan Tenun Flores
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan serangkaian promosi terhadap ragam produk kreatif dalam negeri ke kancah dunia. Promosi tersebut terselenggara dalam forum dunia 1st Tourism Working Group 2022.

Forum diselenggarakan di Sudamala Resort, Labuan Bajo, NTT, Selasa (10/5/2022). Menteri Sandiaga Uno yang berperan langsung melakukan promosi itu dengan mengenakan pakaian tenun sutra Mandar Sureq Marasa.

Kain tenun itu diketahui berasal dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Bukan hanya Sandiaga Uno yang mengenakan kain tersebut, para pimpinan tertinggi Tourism Working Group pun turut mempromosikannya dengan ikut mengenakan.

"Tenun Sutra Sureq Marasa dibuat dengan proses handmade dan ditenun dengan alat tradisional yang keseluruhannya dilakukan oleh tenaga manusia, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi," ujar Menparekraf.

Kain Sureq Marasa ini terdiri dari kombinasi 3 sureq, yaitu Sekomandi Kalumpang, Sambuq Mamasa, dan Saqbe Mandar. Tujuan Sureq Marasa dibuat sebagai upaya untuk melestarikan dan mempromosikan tiga kain unggulan Sulawesi Barat yang merupakan warisan nenek moyang.

Dalam keterangannya, Menparekraf menyampaikan Kain Sureq Marasa salah satu produk ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pengrajin yang mayoritas dilakukan oleh ibu-ibu daerah pesisir Sulawesi Barat.

Rekomendasi