Beredar Foto Anies Bersama dengan Pimpinan ISIS, Benarkah?

| 16 May 2022 07:35
Beredar Foto Anies Bersama dengan Pimpinan ISIS, Benarkah?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Akun Twitter dengan nama pengguna “widarto63285827” mengunggah sebuah foto Anies Baswedan bersama dengan Syeikh Yusuf Al-Qadharawi. Dalam unggahan tersebut, juga disertakan narasi yang menyatakan bahwa Yusuf Al-Qadharawi merupakan pimpinan ISIS.

Akun tersebut juga menyertakan narasi:

NARASI:

“SEMUA ANTEK AMERIKA”

“Ini foto Anies dan Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi, pimpinan ISIS.”

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto Anies Baswedan dengan pimpinan ISIS.

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Senin (16/5/2022), faktanya, Yusuf Al-Qaradhawi merupakan seorang tokoh agama Islam asal Mesir yang merupakan salah satu anggota dari Dewan Riset Islam Al-Azhar.

Lebih lanjut, pemimpin ISIS pada tahun 2009 saat foto tersebut diambil adalah Abu Omar al-Baghdadi, yang kemudian digantikan oleh Abu Bakar Al-Baghdadi hingga tahun 2019 dan Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi hingga 11 Maret 2022 lalu.

Turnbackhoax.id

Narasi serupa juga pernah beredar sebelumnya. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Foto Anies Baswedan Calon Presiden 2024 Bersama Petinggi ISIS” yang diunggah pada 2 Desember 2021 lalu.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “widarto63285827” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Rekomendasi