Ke Jawa Tengah, Menteri Keuangan Singapura Temui Ganjar Pranowo: Indonesia Sangat Penting untuk Negara Kami

| 19 May 2022 10:43
Ke Jawa Tengah, Menteri Keuangan Singapura Temui Ganjar Pranowo: Indonesia Sangat Penting untuk Negara Kami
Pertemuan Ganjar Pranowo dan Menteri Singapura, Rabu (18/5). Dok. Pemprov Jateng.

ERA.id - Jawa Tengah menjadi tujuan sejumlah menteri Singapura. Usai Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee pada Maret lalu, kini, giliran Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Lawrence datang langsung ke rumah dinas Ganjar di Puri Gedeh Kota Semarang, Rabu (18/5/2022) malam. Pertemuan berlangsung gayeng dengan sejumlah topik pembahasan.

Poin penting pembahasan pertemuan itu adalah kerjasama antara Singapura dan Indonesia khususnya dengan Jawa Tengah.

"Ini kunjungan resmi pertama saya ke Indonesia sebagai Menteri Keuangan dan saya ingin datang secepat mungkin ke Indonesia karena Indonesia sangat penting untuk Singapura," katanya.

Lawrence menambahkan Singapura dan Indonesia memiliki kedekatan terutama dalam dua tahun terakhir. Kedua negara bekerjasama melewati pandemi dan menguatkan kerjasama dalam bidang ekonomi kesehatan dan respons pada pandemi.

"Singapura telah menjalin kerjasama dengan sejumlah daerah, di antaranya Jakarta, Batam, Karimun, dan sekarang di Jawa Tengah. Saya berterimakasih pada Pak Ganjar untuk keramahannya dan memberi waktu menerima saya dan mewujudkan pertemuan yang penuh perbincangan ini," jelasnya.

Lawrence mengatakan Singapura memiliki project yang dikembangkan di Jawa Tengah khususnya di Kawasan Industri Kendal. Ia mengapresiasi kepemimpinan dan dukungan Ganjar terkait project itu.

"Kita menunggu lebih lanjut untuk melakukan lebih banyak hal di sini khususnya di bidang capacity building, pengembangan sumber daya manusia, dan melanjutkan kerjasama menarik. Kami berharap akan ada lebih banyak investor ke sini yang akan secara langsung menguntungkan warga lokal di Jawa Tengah," pungkasnya.

Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik kedatangan Lawrence. Ia mengatakan ada beberapa agenda yang dibicarakan dalam pertemuan itu.

"Karena beberapa bulan yang lalu juga hadir Menteri Pembangunan dan Pak Duta Besar kita juga sangat aktif sekali. Kita bicara pembangunan yang sudah berjalan terkait dengan kerjasama antara Indonesia dengan Singapura," katanya.

Ganjar menambahkan ada banyak kerjasama yang akan dilakukan. Antara lain kerjasama di kawasan industri, potensi pelabuhan, dan capacity building.

"Kita juga mencoba untuk menawarkan model kerjasama yang bisa dilakukan. Dan bukan tidak mungkin, kerjasama ini bisa kita perlebar ke tempat yang lain. Tentu Jawa Tengah akan mendapatkan manfaat yang cukup banyak, karena komitmen yang sudah kita bangun untuk mengembangkan bisnis ini sampai hari ini berjalan dengan baik dan kami mencoba untuk selalu mengawal ini sehingga komitmen yang sudah dilakukan itu mencapai tujuan yang kita harapkan," pungkasnya.

Rekomendasi