PDIP Tanggapi Ucapan 'Ojo Kesusu' Jokowi yang Dikaitkan dengan Ganjar

Tim Editor

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi (Dok. Ganjar)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meminta kelompok relawan pendukungnya, Projo, ojo kesusu atau tak buru-buru memilih calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menafsir, kalau maksud Jokowi adalah dalam memilih capres-cawapres harus memperhatikan banyak aspek.

"Apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi menegaskan bahwa terkait dengan capres-cawapres harus memperhatikan banyak aspek," kata Hasto, Senin (23/5/2022).


Menurut Hasto, ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum memilih pasangan capres-cawapres. Pertama melihat konteks situasional bangsa dan negara.

"Saat ini fokus utama adalah berpacu mengatasi dampak pandemi dan ketidakpastian global. Hal inilah yang ditegaskan Presiden Jokowi sebagai kepentingan nasional yang harus didahulukan," kata Hasto.

Kedua yaitu melihat momentum. Hasto menjelaskan, berdasarkan konstitusi, capres dan cawapres dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sesuai dengan tahapan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Hasto masih perlu landasan pertimbangan strategis bagi masa depan bangsa soal sosok pemimpin. "Selain itu terkait dengan bagaimana pentingnya kalkulasi politik untuk memastikan kuatnya dukungan rakyat, juga menjadi hal yang penting," kata Hasto.

Ketiga, memilih capres dan cawapres harus melalui pertimbangan yang jernih, dan matang "Sebab yang dicari adalah sosok pemimpin yang mampu mengemban tugas bagi lebih dari 270 juta penduduk Indonesia," tegas Hasto.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menghadiri Rakernas V Projo di Jawa Tengah, Sabtu (21/4) silam. Di sana, Jokowi meminta Projo tak terburu-buru memilih capres-cawapres pada Pilpres 2024, meski kelompok pendukungnya sudah memiliki pilihan sendiri.

"Berkaitan dengan politik, karena kita harus fokus dengan persoalan persoalan (ketidakpastian global) tadi urusan politik ojo kesusu, jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa, meski mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi.

Mendengar pernyataan Jokowi, massa yang hadir kemudian riuh meneriakan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Sudah dibilang jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Ini mau tergesa-gesa ini kelihatannya," ucap Jokowi.

Tag: ganjar pranowo ojo kesusu hasto kristiyanto jokowi pilpres 2024 pdi perjuangan pdip

Bagikan: