Demi Berhaji, Orang Ini Bakal Naik Motor dari Indonesia ke Mekah, Keren

| 23 May 2022 18:54
Demi Berhaji, Orang Ini Bakal Naik Motor dari Indonesia ke Mekah, Keren
Ilustrasi haji (Wikimedia Commons)

ERA.id - Seorang pemotor bernama Lilik Gunawan bersama timnya bertekad menunaikan haji tahun 2022. Uniknya, mereka akan mengendarai motor dari Indonesia ke Mekah.

Hal itu direspons Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid “Kegiatan tersebut menurut saya, memiliki sisi positif yang baik untuk bangsa yakni, bisa memperkenalkan Indonesia kepada banyak warga dunia tentang Indonesia," kata Hidayat, Senin (23/5/2022).

Menurut HNW hal yang dilakukan seperti Lilik pasti banyak bersinggah dan menginap sementara di kota-kota atau desa-desa sepanjang jalur.

"Sudah pasti akan ada interaksi di situ, yang kemudian dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia,” katanya saat menerima kunjungan Lilik di Ruang Kerjanya di Gedung Nusantara III, Lantai 9, Komplek Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dia sangat mengagumi semangat beribadah Lilik sampai harus bertekad naik motor mengarungi medan berat, kesulitan, dan kendala yang pasti akan ditemui selama menempuh perjalanan.

Menurut HNW, perjalanan darat untuk berhaji memang banyak dilakukan umat Islam berbagai negara terutama di seputar Arab Saudi. Di Indonesia, menurut dia, memang ada, namun masih sedikit jumlahnya mengingat jaraknya yang sangat jauh dan tingkat kesulitan tinggi.

HNW mengapresiasi kedatangan Lilik ke MPR RI karena hal itu menandakan kepercayaan kepada MPR serta menjadi bagian dari kegiatannya.

“Ini membuktikan bahwa rakyat sudah tidak canggung lagi karena ini adalah rumah rakyat dan rumah kebangsaan. Di sinilah tempat kita semua berbagi dan saling mengisi," kata dia.

HNW berharap perjalanan Lilik dan tim bisa terealisasi tahun ini dan menitip doa agar bangsa dan negara menjadi lebih baik pascaditerpa pandemi COVID-19.

“Jika berhasil masuk Arab Saudi kemudian melakukan ibadah haji, saya titip doa untuk bangsa, negara, dan rakyat Indonesia agar selalu dilindungi Allah SWT. Semoga bangsa ini bisa segera terbebas dari kesulitan terutama dari pandemi COVID-19 dan Indonesia bisa bangkit kembali,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Lilik menceritakan bahwa kegiatannya berpetualang ke Arab Saudi sempat dilakukannya pada 2019 bersama anaknya yang berusia 4 tahun.

Mereka sukses mengaspal dengan motor selama delapan bulan dari Jambi ke Arab Saudi untuk melakukan umrah. “Dari keberhasilan itu, kami berencana akan mengulanginya untuk beribadah haji. Kali ini, saya akan melakukan bersama tim sekitar 17 sepeda motor," katanya.

Lilik menyampaikan jika visa cepat selesai, maka dia bersama rombongan akan langsung berangkat pekan depan dari Jakarta menuju Makkah.

"Maka dari itulah, kami mendatangi Bapak HNW di gedung rakyat ini untuk minta dukungan dan doa,” ujarnya.

Rekomendasi