Masyarakat Diklaim Puas Bermudik Tahun Ini, Jokowi Semringah: Terima Kasih Sudah Tertib

Tim Editor

Presiden Jokowi usai meninjau Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (30/3). (Setpres)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengapresiasi semua pihak yang berperan dalam kesuksesan pelaksaan mudik Lebaran tahun 2022 hingga berlangsung aman.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan mudik dengan tertib, mengikuti anjuran serta aturan pemerintah," kata Jokowi saat memipin rapat terbatas mengenai evaluasi pelaksanaan mudik 2022 dengan sejumlah menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/5/2022), dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Berkat kerja keras semua pihak serta ditambah kepatuhan masyarakat, pelaksanaan mudik tahun ini dapat meminilaisir kejadian-kejadian fatal. Selain itu, kedisiplinan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan juga berdampak pada terjaganya kasus Covid-19 di Tanah Air.


Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa pada pelaksanaan mudik tahun ini, pemerintah mencatat ada 2,4 juta kendaraan di jalan non tol yang keluar dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Sedangkan kendaraan yang keluar dari Jabodetabek menggunakan jalur tol sebanyak 2,6 juta.

"Sehingga pergerakan yang meninggalkan Jabodetabek sebesar 13,3 juta orang," kata Jokowi.

Dari jumlah tersebut, Jokowi bersyukur karena kecelakaan lalu lintas menurun sebanyak 45 persen jika dibandingkan pada mudik Lebaran tahun 2019. "Alhamdulillah kejadian kecelakaan menurun 45 perseb dibanding 2019, yaitu dari 3.199 menjadi 1.763," kata Jokowi.

Kemudian, korban yang meninggal turun 72 persen, korban luka berat turun 24 persen, korban yang luka ringan turun 42 persen. Selain itu, Jokowi juga menyoroti hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Hasilnya, mayoritas masyarakat merasa puas dengan pelaksaan mudik Lebaran tahun ini.

"Saya kira (mudik Lebaran) ini diapresiasi oleh masyarakat," pungkasnya.

Tag: jokowi mudik lebaran pulang kampung

Bagikan: