Kena OTT KPK, Mantan Wali Kota Yogyakarta Diduga Terlibat Suap IMB Apartemen

| 03 Jun 2022 10:14
Kena OTT KPK, Mantan Wali Kota Yogyakarta Diduga Terlibat Suap IMB Apartemen
Mantan Wali Kota Yogyakarta (Antara)

ERA.id - Mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti diduga terlibat suap terkait pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) apartemen. Dugaan ini muncul setelah Haryadi terjaring operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (2/6/2022) malam.

"Betul (diduga terkait suap perizinan soal IMB apartemen)," ujar Plt. Juru Bicara KPK Bidang Penindakan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Ali menambahkan, dalam OTT tersebut KPK juga mengamankan sejumlah orang lainnya di wilayah Yogyakarta dan Jakarta. Saat ini, mereka masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Diberitakan sebelumnya, OTT yang digelar KPK menangkap Haryadi Suyuti yang baru saja menyelesaikan masa jabatannya pada 22 Mei lalu.

Haryadi disebut ditangkap KPK bersama dua pejabat pemkot dan dibawa menggunakan mobil Brimob di depan rumah dinas Wali Kota Yogyakarta. Kantor Haryadi selama menjabat juga disegel KPK.

KPK punya waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang terjaring OTT itu. Mereka nantinya akan mengumumkan kronologi dan siapa saja para tersangka melalui konferensi pers.

Rekomendasi