Pemecatan M Taufik Masih Bersifat Rekomendasi dari Majelis Kehormatan, Gerindra: Akan Diputuskan Prabowo

| 08 Jun 2022 15:44
Pemecatan M Taufik Masih Bersifat Rekomendasi dari Majelis Kehormatan, Gerindra: Akan Diputuskan Prabowo
M Taufik (Antara)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmo Dasco Ahmad buka suara perihal pemecatan salah satu kader seniornya M Taufik. Menurutnya, keputusan Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra masih bersifat rekomendasi.

Dasco bilang, rekomendasi MKP Gerindra terkait pemcatan Taufik akan disampaikan ke DPP Partai untuk ditindaklanjuti.

"Hasil rekomendasi (dari MKP Gerindra terkait pemecatan M Taufik) tersebut akan dikirim ke DPP Gerindra untuk ditindaklanjuti," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Dasco mengatakan, setelah DPP Partai Gerindra menerima rekomendasi dari MKP, maka akan segera diputuskan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Yang namanya rekomendasi itu pasti akan dirapatkan dan diputuskan ketua umum," kata Dasco.

Sebelumnya, Partai Gerindra memecat mantan kader seniornya M Taufik karena dianggap tidak loyal terhadap partai. Pemecatan ini berdasarkan hasil keputusan rapat Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra.

"MKP sepakat untuk memutus saudara Taufik memecat sebagai kader Gerindra. Mulai keputusan itu (pemecatan) disampaikan pada hari ini. Itu keputusannya MKP," kata Wihadi dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Selasa (7/6).

Atas keputusan tersebut, Taufik mempertanyakan alasan pemecatan oleh Majelis Kehormatan Partai Gerindra. Menurut dia, majelis tidak punya kewenangan memecat, tetapi merekomendasikan hasil sidang kepada dewan pimpinan pusat.

"Majelis kehormatan bersidang, lalu merekomendasikan kepada DPP, tergantung pada DPP mau memecat atau tidak. Kalau saya dipecat suratnya dari DPP, bukan dari majelis kehormatan," tegas Taufik.

Rekomendasi