Luhut Ngaku Sarankan Jokowi Tak Buru-buru Cabut Status Pandemi COVID-19, Ada Apa?

| 09 Jun 2022 13:20
Luhut Ngaku Sarankan Jokowi Tak Buru-buru Cabut Status Pandemi COVID-19, Ada Apa?
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku menyarankan Presiden Joko Widodo agar tak terburu-buru mencabut status pandemi Covid-19 ke endemi.

Menurut Luhut, situasi pandemi Covid-19 belum bisa diprediksi kapan berakhir. Apalagi di Amerika Serikat muncul tiga varian baru. Sementara di Tanah Air, angka kasus menunjukan peningkatan.

"Itu sebabnya kita tidak buru-buru masuk ke endemi. Dan itu saya sarankan pada Presiden minggu lalu, kita tunggu dua bulan pak," kata Luhut dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Kamis (9/6/2022).

Luhut mengatakan,apabila dalam dua bulan situasi pandemi di Tanah Air semakin terkendali, maka besar kemungkinan status pandemi berganti jadi endemi.

Hal ini juga bisa menjadi kado saat hari kemerdekaan di bulan Agustus mendatang.

"Kalau seumpama dua bulan ini kita masih mampu bertahan dengan baik, saya kira nanti bisa hadiah 17 Agustus," kata Luhut.

Meski begitu, Luhut tak mau terlalu percaya diri. Dia tetap mengingatkan semua pihak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menggencarkan vaksinasi Covid-19.

"Sekali lagi, disiplin kita harus masih sangat penting dalam hal ini. Terutama tadi dalam vaksinasi yang menurut saya harus kita dorong semua," pungkasnya.

Rekomendasi