Gantikan Anggota Dewan yang Meninggal, Anak dari Airlangga Hartarto Sah Dilantik Jadi Anggota DPR RI

| 14 Jun 2022 14:43
Gantikan Anggota Dewan yang Meninggal, Anak dari Airlangga Hartarto Sah Dilantik Jadi Anggota DPR RI
Airlangga Hartarto (Antara)

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melantik empat anggota pengganti antar waktu (PAW) untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Pelantikan dilakukan saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Salah satu yang dilantik menjadi anggota DPR yaitu Ravindra Airlangga yang juga putra dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ravindra menggantikan Ichan Firdaus dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat V.

"Ravindra Airlangga dari Golkar Dapil Jabar 5 menggantikan Ichsan Firdaus," ujar Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus saat memimpin rapat paripurna.

Selain Ravindra, ada tiga lagi anggota DPR yang dilantik. Yaitu Batra dari Fraksi Gerindra yang berasal dari Dapil Sulawesi Tenggara mengganti Khaerul Saleh. Difriadi dari Fraksi Gerindra dengan Dapil Kalimantan Selatan II menggantikan Muhammad Nur. Selanjutnya, Riswantoni Fraksi Golkar dengan Dapil Lampung II menggantikan Azis Syamsuddin.

Keempat orang tersebut kemudian diambil sumpah jabatannya. Pengucapan sumpah jabatan itu dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Sebelum memangku jabatan anggota DPR saudara-saudara wajib bersumpah berjanji menurut agama masing-masing, apakah saudara bersedia?" kata Puan.

"Bersedia," jawab keduanya.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia," kata Puan.

Adapun Ichan Firdaus telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. Sementara Azis Syamsudin diketahui telah ditetapan sebagai tersangka tindak pindana korupsi.

Rekomendasi