Akan Gelar Rakernas, PAN Bakal Umumkan 6 Nama Capres-Cawapres

| 14 Jun 2022 21:43
Akan Gelar Rakernas, PAN Bakal Umumkan 6 Nama Capres-Cawapres
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 26 Agustus 2022 mendatang. Salah satu agendanya yaitu mengumumkan enam nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024.

"Pada rakernas nanti, PAN akan mengumumkan enam nama yang akan terdiri dari capres dan cawapres yang akan diusung oleh PAN pada Pilpres 2024 akan datang," ujar Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Adapun rangkaian Rakernas PAN yang mengusung tema "PAN Memilih" akan dimulai sejak hari ini, 14 Juni hingga 26 Agustus 2022.

Selama rangkaian rakernas itu, tiap-tiap daerah akan mengusulkan nama-nama capres dan cawepres untuk digodok bersama dalam Rakernas mendatang.

"Kami ingin menjaring nama-nama capres dan cawapres dari daerah dan wilayah, dari akar rumput. Sehingga kemudian bisa digodok di Rakernas PAN," kata Eddy.

Terkait dengan mekanisme mengajukan nama capres dan cawapres akan dimulai dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

"Setiap DPD yaitu pengurusan di kabupaten/kota mengusulkan 10 nama kepada DPW yaitu kepengurusan yang ada di tingkat wilayah atau provinsi, usulan setiap DPD maksimal berakhir pada minggu pertama 2022," kata Eddy.

Eddy mengatakan, DPW berhak mengusulkan delapan nama untuk diusulkan ke Rakernas. Kemudian, DPP PAN akan mengerucutkan nama-nama tersebut menjadi 6 nama yang terdiri dari capres dan cawapres.

"Enam nama tersebut yang diusulkan oleh DPD dan DPW mengacu kepada kriteria yang ditetapkan PAN," ujarnya.

Dari enam nama yang sudah terkumpul itu nantinya masih harus dikomunikasikan lebih lanjut dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar dan PPP.

"Keenam nama tersebut kemudian akan dikomunikasikan dengan partai-partai koalisi kita sudah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu agar bisa didaftarkan menuju Pemilu pada tanggal 14 Februari tahun 2024 mendatang," pungkasnya.

Rekomendasi