Waketum NasDem Sebut Nama Anies dan Ganjar Banyak Disuarakan Kader Daerah

| 16 Jun 2022 07:22
Waketum NasDem Sebut Nama Anies dan Ganjar Banyak Disuarakan Kader Daerah
Ilsutrasi (Antara)

ERA.id - Partai NasDem menggelar Rapat Kerja Nasioanl (Rakernas) selama tiga hari mulai dari 15-17 Juni 2022. Salah satu agendanya yaitu mendengarkan usulan calon presiden (capres) 2024 dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, usulan capres dari masing-masing DPW baru akan disampaikan pada Kamis (16/6).

"Resminya, DPW akan menyampaikan pandangan umumnya besok. Setelah pembukaan nanti malam, besok pagi pandangan-pandangan tiap DPW," kata Ali di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Ali mengatakan, sejauh ini ada dua nama capres yang banyak disuarkan oleh kader di daerah. Dua nama itu yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Meski begitu, Ali tak mau menyimpulkan bahwa nama Anies dan Ganjar lah yang masuk dalam bursa capres 2024 yang akan diusung Partai NasDem. DPP NasDem masih harus mendengarkan pandangan resmi dari masing-masing DPW terlebih dahulu.

"Kalau kita lihat aspirasi beberapa wilayah yang muncuk di media massa, tidak jauh-jauh menyebut nama Anies, kemudian nama Ganjar. Dua nama itu yang hari ini tidak jauh yang mucul di wilayah," kata Ali.

"Tapi kita tidak boleh mendahului wilayah-wilayah. Walaupun itu selentingan, wilayah sudah menyampaikan ke beberapa media, kita akan lihat secara resminya seperti apa," imbuhnya.

Ali menilai, rekomendasi nama capres yang disampaikan oleh masing-masing DPW akan berjalan dinamis.

Dia juga mengingatkan bahwa nama-nama tersebut masih bersifat usulan. Adapun yang berwenang untuk menetapkan capres-cawapres 2024 yang akan diusung Partai NasDem yaitu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Satu catatan yang harus diingat bahwa wilayah hanya sampai mengusulkan. Penetapan siapa yang akan jadi calon nasdem itu kewenangan ketua umum," kata Ali.

Partai NasDem akan mulai menjaring nama-nama tokoh yang berpotensi menjadi capres 2024. Nama-nama tersebut merupakan hasil rekomendasi dari kader di wilayah yang nantinya disampaikan ke tinngkat DPP pada agenda Rakernas.

Mekanisme pengusulan nama capres adalah masing-masing DPW maksimal mengajukan lima nama capres ke DPP Partai NasDem. Setelah itu diseleksi menjadi tiga nama yang kemudian diserahkan kepada ketua umum

"Dan itu menjadi kesepakatan semua DPW dan peserta Rakernas yang akan merekomendasikan kepada ketua umum," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Tags : nasdem
Rekomendasi