PAN Beberkan Sejumlah Nama Pengganti Zulkifli Hasan Sebagai Wakil Ketua MPR

| 16 Jun 2022 18:30
PAN Beberkan Sejumlah Nama Pengganti Zulkifli Hasan Sebagai Wakil Ketua MPR
Zulkifli Hasan (Dok. Instagram zul.hasan)

ERA.id - Kursi wakil ketua MPR RI kosong satu usai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dilantik sebagai menteri perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi. Saat ini Fraksi PAN tengah mencari penggantinya.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengungkapkan, sudah ada sejumlah nama yang akan menggantikan posisi Zulkifli sebagai wakil ketua MPR RI. Meraka adalah Asman Abnur, Eddy Soeparno, Yandri Susanto, Mulfachri Harahap, Saleh Daulay, hingga Andi Yuliani Paris.

"Insyaallah yang terbaik yang dikirim ke wakil ketua MPR," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Penunjukan nama calon wakil ketua MPR itu akan dibahas melalui rapat harian. Namun sepenuhnya hak prerogatif Zulkifli selaku ketua umum untuk memilih.

Nantinya, Zulkifli yang akan menunjuk langsung penggantinya. Yandri mengatakan, siapapun yang ditunjuk adalah sosok yang terbaik.

"Siapapun yang ditunjuk PAN itu kompak tidak ada intrik atau manuver yang membuat gaduh siapa nanti yang ditunjuk yaitu pasti didukung keluarga besar PAN," ujar Yandri.

Ketua Komisi VIII DPR RI ini memastikan akan dilakukan rapat pengganti wakil ketua MPR pada awal Agustus.

"Sebentar lagi akan reses memasuki masa sidang 6 nanti di awal Agustus bisa juga ya intinya kita tidak juga terburu-buru untuk mengisi kekosongan itu," kata Yandri.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru yang akan memperkuat Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6).

Dua menteri yang dilantik adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto

Selain itu, wakil menteri yang dilantik adalah Wakil Menteri Dalam Negeri Wempi Wetimpo, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni.

Rekomendasi