PKS Masih Bersabar Bertemu 'Jodoh' untuk Berkoalisi di Pemilu 2024

| 19 Jun 2022 20:45
PKS Masih Bersabar Bertemu 'Jodoh' untuk Berkoalisi di Pemilu 2024
Salim Segaf (Dok. Antara)

ERA.id - PKB tengah melakukan penjajakan koalisi dengan Partai Gerindra, bahkan keduanya disebut sepakat menjalin kerja sama. Padahal sebelumnya PKB sedang membangun Koalisi Semut Merah dengan PKS.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada kesepakatan final terkait koalisi. Masing-masing partai masih membangun komunikasi awal.

"Jadi masih komunikasi awal belum ada suatu yang final," ujar Salim di JCC, Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Salim mengatakan, diperlukan kesabaran untuk membentuk koalisi di Pemilu 2024. Peta politik baru akan terlihat tiga bulan mendatang.

"Jadi kita perlu sabar mungkin sebulan, dua bulan, tiga bulan ini antar semua parpol," kata Salim.

Oleh karena itu, PKS tak mau terburu-buru menyatakan berkoalisi dengan partai manapun, termasuk PKB maupun Gerindra.

"Semuanya kan masih belum final jadi saya belum bisa mengatakan pasti dengan Gerindra atau PKB, tetap akan jalan semuanya," ujar Salim.

Sementara itu, PKS juga membuka komunikasi dengan partai-partai untuk koalisi Pemilu 2024. Salah satunya adalah dengan Demokrat. Salim yakin bakal ada tiga capres yang diusung.

"Komunikasi akan terus berjalan sampai nanti mudah-mudahan ada poros. Kalau kita lihat kemungkinan ada tiga capres mudah-mudahan itu terwujud," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertandang di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6) malam.

Usai pertemuan selama kurang lebih dua jam secara terutup itu, Keduanya sepakat untuk bekerja sama menghadapi Pilpres, Pileg, dan Pilkada 20224.

"Alhamdulillah malam ini semakin menguat kerja sama itu, sampai pada kesimpulan bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan pilpres, pileg, dan pilkada 2024," kata Cak Imin.

Wakil Ketua DPR RI itu berharap, kerja sama dengan Partai Gerindra dapat merangkul partai-partai lainnya dalam menghadapi Pemilu mendatang.

"Moga-moga kerja sama kita ini bisa terus dilanjutkan bersama partai-partai lain, untuk menuju suksesnya pilpres, pilkada dan pileg 2024. Dan kita, PKB dan Gerindra, visi dan tujuan perjuangan yang sama untuk NKRI yang lebih maju, adil, dan sejahtera," kata Cak Imin.

Rekomendasi