Gelar Rakernas, PDIP Bakal Bahas Pemenangan Pemilu 2024

| 20 Jun 2022 22:30
Gelar Rakernas, PDIP Bakal Bahas Pemenangan Pemilu 2024
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan diadakan pada 21-23 Juni akan membahas tentang agenda strategis, termasuk yang berkaitan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sementara untuk nama calon presiden (capres) yang akan didukung oleh PDIP akan disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada momen yang tepat.

"Yang lebih dipersiapkan adalah agenda strategis dalam rangka memenangkan Pemilu 2024 sekaligus bagaimana PDI Perjuangan dalam upaya pemilu tersebut mampu menjawab berbagai persoalan rakyat dan mengedepankan sinergi tiga pilar yang turun ke lapangan," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Selain itu, Hasto mengatakan, nantinya dalam rakornas akan dibahas konsepsi dasar dan visi-misi bagi capres dan cawapres yang diusung PDIP.

"Sehingga ketika Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat mengambil keputusan terkait dengan capres dan cawapres dari PDI Perjuangan maka seluruh konsolidasi partai, pergerakan akar rumput partai, dan juga konsepsi tata pemerintahan ke depan itu sudah diselesaikan oleh PDI Perjuangan," ungkapnya.

Meski masih menunggu momentum yang tepat, Hasto menegaskan PDIP tetap menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya. Sebab, proses mencari pemimpin tak bisa dilakukan sendirian.

"Kami terus membangun komunikasi dengan para ketua umum partai sehingga kesamaan terhadap platform dan kerjasama dalam rangka Pilpres itu ujung-ujungnya kan pada penetapan calon," jelas Hasto.

Diberitakan sebelumnya, Rakernas PDIP akan dibuka oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan kata sambutan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta dengan mengusung tema 'Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat'.

Adapun rangkaian acara akan berlangsung sejak hari ini atau Senin malam, 20 Juni yang diawali dengan proses registrasi. Selain itu, akan dilaksanakan Tahlil dan Gema Sholawat Cinta Tanah Air serta Haul Bung Karno 2022 di Masjid At-Taufiq, Jakarta.

Sementara saat Rakernas, DPP DPIP membagi undangan dan peserta yang hadir menjadi tiga kelompok. Aula Utama lantai dua Sekolah Partai akan diisi Presiden Jokowi, Fungsionaris DPP, ketua dan sekretaris DPD se-Indonesia, serta gubernur serta menteri kader partai. Total akan ada 98 orang di ruangan tersebut.

Kelompok kedua di ruang kelas II lantai satu diisi Bendahara DPD Partai se-Indonesia dengan jumlah 34 peserta.

Kelompok ketiga ruang kelas I lantai satu yang diisi Pimpinan Fraksi, Komisi, dan Ketua Poksi I-XI Fraksi, Kepala-kepala Badan, dan Ketua Komunitas Juang Pusat Partai.

Tags : pdip
Rekomendasi