Hasil Rakernas IV PDIP: Keputusan Cawapres Ganjar di Tangan Megawati

| 01 Oct 2023 14:16
Hasil Rakernas IV PDIP: Keputusan Cawapres Ganjar di Tangan Megawati
Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (1/10/2023). (Sachril/ERA)

ERA.id - PDIP menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) IV selama tiga hari di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus). Hasil Rakernas IV memutuskan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo diputuskan Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Rakernas IV partai menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDI Perjuangan terhadap pengumuman calon wakil presiden yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo pada momentum yang tepat," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto saat membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (1/10/2023).

Tak disebut siapa saja nama-nama calon cawapres Ganjar. Hasto hanya menerangkan Megawati akan memilih cawapres Ganjar dengan mempertimbangkan dinamika politik, pergerakan tiga pilar partai di akar rumput, kesiapan badan pemenangan Pemilu legislatif, dan konsolidasi tim pemenangan presiden.

"Rakernas IV partai menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara, berdasarkan UUD 1945 yang menempatkan Pemilu 2024 sebagai momentum transisi kekuasaan secara konstitusional dan demokratis," ucapnya.

Untuk memenangkan Pemilu 2024, Hasto menyebut seluruh kader dan simpatisan PDIP wajib turun ke lapangan untuk berkomunikasi secara langsung dengan rakyat. 

Partai berlogo banteng moncong putih ini berkomitmen untuk melaksanakan Pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa. 

"Melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan narasi kemajuan, melanjutkan dan mempercepat keberhasulan pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Hasto.

Rekomendasi