Banten Terima 1.100 Vaksin PMK dari Kementan, Diberikan ke Peternak dan Penjual Hewan Kurban

| 28 Jun 2022 13:23
Banten Terima 1.100 Vaksin PMK dari Kementan, Diberikan ke Peternak dan Penjual Hewan Kurban
Pelaksanaan pertama vaksin PMK di wilayah Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. (M. Iqbal/ ERA)

ERA.id - Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten mendapatkan 1.100 vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak Pada tahap pertama pendistribusian diberikan kepada ratusan hewan ternak di Kabupaten Tangerang.

"Totalnya ada 1.100 vaksin tahap pertama yang diberikan dari Kementerian Pertanian ke kami. Kami langsung berikan ke hewan ternak yang ada di Kabupaten Tangerang," ucap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, Agus Tauchid, Selasa (27/6/2022)

Agus menuturkan ada 600 dosis vaksin tahap pertama diberikan ke peternak dan pemilik lapak hewan kurban di Kabupaten Tangerang.

"Vaksinasi untuk hewan terutama sapi dan kerbau. Mudah-mudahan nanti programnya bisa berlanjut terus untuk meminimalisasi penyebaran PMK dan meningkatkan daya imunitas hewan ternak di Kabupaten Tangerang, ini yang paling penting," ungkapnya.

Agus meminta kepada pemilik lapak hewan ternak kurban agar segera laporkan untuk diberikan pengobatan sebelum Iduladha jika terdapat yang terjangkit PMK

"Segera laporkan apabila ditemukan suspek PMK, mumpung masih ada waktu untuk kita berikan pengobatan dan nanti bisa pada saat pelaksanaan kurban benar-benar sudah sehat," jelasnya.

Rekomendasi