Mahasiswa Gelar Aksi Demo Tuntut RKUHP Dibuka, Wakil Menteri Hukum dan HAM: Emangnya Pintu?

| 28 Jun 2022 14:05
Mahasiswa Gelar Aksi Demo Tuntut RKUHP Dibuka, Wakil Menteri Hukum dan HAM: Emangnya Pintu?
Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej (Antara)

ERA.id - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy tak mau menanggapi soal aksi demo mahasiswa terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), yang digelar di depan Gedung DPR RI pada Selasa (28/6/2022).

Eddy yang baru saja selesai rapat dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan lebih memilih berlalu tanpa mengucapkan sepatah katapun terkait agenda demo mahasiswa.

Saat ditanya mengenai salah satu tuntutan mahasiswa untuk membuka draf RKUHP terbaru, Eddy hanya menjawab singkat tanpa berhenti.

"Emangnya (draf RKUHP terbaru) pintu (dibuka)," kata Eddy.

Para mahasiswa kembali menggelar demo di DPR pada hari ini karena tuntutan mereka soal RKUHP belum dipenuhi. Demonstrasi ini akan digelar mulai pukul 13.00 di depan gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Mereka mengatakan, tuntutan yang tak direspons itu, adalah draf RKUHP yang belum dapat diakses oleh publik dan pembahasan pasal-pasal yang melanggar kebebasan berpendapat dan berekspresi warga negara masih tidak dibuang.

Rekomendasi