Politisi PDIP Ungkap Puan Maharani Jadi Capres 2024 dari yang Dipilih Megawati: Insya Allah, Kami Pokoknya Ikhtiar

| 30 Jun 2022 20:13
Politisi PDIP Ungkap Puan Maharani Jadi Capres 2024 dari yang Dipilih Megawati: Insya Allah, Kami Pokoknya Ikhtiar
Puan Maharani (Antara)

ERA.id - Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon menegaskan calon presiden (capres) yang akan diusung partainya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang hanya ada satu nama, yaitu Puan Maharani.

"Insyaallah calonnya Ibu Puan. Kami pokoknya ikhtiar," kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Effendi membantah pernyataan rekan separtainya yang juga Ketua DPP PDIP Erico Sotarduga yang menyebut ada tiga nama potensial jadi capres dari partai berlambang banteng.

"Enggak lah, satu," kata Effendi

Menurut Effendi, hingga saat ini PDIP hanya punya satu nama untuk dijadikan capres, yaitu Puan. Dia juga optimis Ketua Umum PDIP Megawati bakal memilih Puan.

"Sampai nanti diputuskan Ibu Megawati. Enggak ada lagi nama lain. Bahwa nanti dicalonkan dengan siapa, itu kapan waktunya, itu Ibu. Cuma pascarakernas cuma Puan," kata Effendi.

Sebelumnya, saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, ditegaskan kembali bahwa pencalonan presiden dari PDIP merupakan hak prerogatif Megawati selaku ketua umum.

Penegasan itu bahkan dibacakan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rakernas II Partai menegaskan pentingnya melakukan penataan sistem politik pasca Pemilu 2024 agar sesuai dengan Demokrasi Pancasila dengan melakukan koreksi sistem pemilu dan praktik politik liberal yang bersifat kapitalistik, penuh semangat individual, penguatan peran dan fungsi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia," papar Ganjar.

Rekomendasi