Mensesneg Pratikno Jadi Inspektur Upacara, Pimpin Pemakaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

| 01 Jul 2022 18:29
Mensesneg Pratikno Jadi Inspektur Upacara, Pimpin Pemakaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo
Mensesneg Pratikno di pemakaman (Dok. Era.id/Ilham)

ERA.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Nasional Umum (TMPNU) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Upacara militer itu dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Upacara dimulai dengan pembacaan riwayat hidup singkat Tjahjo Kumolo.

"Atas nama negara bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Tjahjo Kumolo jabatan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah meninggal demi kepentingan serta keluhuran bangsa pada 1 juli 2022 pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo karena sakit. Semoga jasa darma bakti ditempuhnya menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya diterima di alam baka. Jakarta Inspektur Upacara, Pratikno," ucap Pratikno saat membacakan apel persada pemakaman Tjahjo Kumolo.

Diketahui, Presiden Joko Widodo tengah berada di Abu Dhabi dalam rangka kunjungan kerja luar negeri. Meski tak berada di Tanah Air, Jokowi ikut berduka atas berpulangnya salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Sejumlah pelayat hadir seperti di TMPNU Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Tjahjo. Mereka yang terlihat adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga; Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Selain itu, hadir juga Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita; Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto; dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian hadir juga Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak hadir. Kata anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDIP Deddy Sitorus, Presiden ke-5 RI itu akan mengikuti acara secara daring.

"Saya belum konfirmasi dari sekretariat. Tapi ada zoom jadi kemungkinan besar Ibu Megawati (mengikuti, red) dengan zoom," kata Deddy kepada wartawan di TMPNU Kalibata, Jakarta.

Deddy juga mengatakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tak hadir karena masih berada di Yogyakarta untuk menjalankan kegiatan partai.

Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di rumah dinas menteri, kompleks Widya Chandra.

Kemudian jenazahnya disalatkan di masjid Quba yang berada di kantor Kemenpan-RB.

Rekomendasi