Penjelasan Dubes Ukraina Soal Pesan yang Dibawa Jokowi ke Putin: Tak Ada Pesan Tertulis atau Lisan, Tapi...

| 05 Jul 2022 16:13
Penjelasan Dubes Ukraina Soal Pesan yang Dibawa Jokowi ke Putin: Tak Ada Pesan Tertulis atau Lisan, Tapi...
Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin angkat bicara terkait dengan pengakuan Presiden Joko Widodo yang menyatakan sebagai pembawa pesan Presiden Zelenskyy kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia mengatakan pesan yang dimaksud oleh Presiden Joko Widodo merupakan posisi jelas Ukraina terhadap konflik yang terjadi.

Dia pun memastikan tidak ada pesan tertulis ataupun permintaan langsung kepada Jokowi untuk menyampaikan pernyataan kepada Vladimir Putin.

"Jadi tidak ada pesan tertulis, atau pesan berupa 'tolong sampaikan ini kepada Putin'," jelas Duta Besar Vasyl Hamianin dalam konferensi persnya pada Selasa (5/7/2022).

Menurut dia, pesan yang dimaksud merupakan posisi Ukraina menurut pemahaman dari sisi Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan dari Presiden Volodymyr Zelensky kepada Presiden Vladimir Putin. Pesan itu mengungkapkan kesiapan menjadi penjalin komunikasi kedua pemimpin, serta mengulangi pentingnya penyelesaian damai konflik yang terjadi, saat bertemu di Kremlin, Moskow.

"Saya menyampaikan pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjalin komunikasi antara kedua pemimpin," ungkap Presiden Jokowi, melansir Kremlin.ru.

Rekomendasi