Jokowi Salurkan Kurban ke 34 Provinsi, Sapi Paling Berat Capai 1,4 Ton

| 08 Jul 2022 19:42
Jokowi Salurkan Kurban ke 34 Provinsi, Sapi Paling Berat Capai 1,4 Ton
Salah satu sapi kurban yang diberikan Jokowi ke masjid di wilayah Sorong, Papua (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan menyalurkan sapi kurban ke 34 provinsi pada Hari Raya Iduladha tahun ini yang jatuh pada Minggu (10/7/2022).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan, sapi-sapi kurban yang disalurkan oleh Jokowi memiliki 800 kilogram hingga 1 ton.

Sapi kurban yang paling berat mencapai 1,4 ton yang dikirim ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Per provinsi satu (sapi), beratnya kurang lebih kita harapkan 800 kilogram sampai 1 ton. Ada yang tadi di daerah NTB itu 1,4 ton," kata Heru dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/7/2022).

Terkiat dengan penuntuan lokasi pengiriman sapi kurban, kata Heru, akan ditentukan oleh gubernur dari masing-masing provinsi.

Pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada gubernur untuk menetapkan masjid mana yang akan menjadi sasaran penyalurannya.

"Soal kapan itu diserahkan, sampai kepada Masjid yang dituju, tadi pagi kami sudah berkoordinasi dengan para gubernur, bahkan beberapa gubernur hadir sendiri. Hampir semua provinsi itu diserahkan oleh gubernur langsung dan ada beberapa oleh wakil gubernur," kata Heru.

Untuk sapi kurban di Jakarta akan disalurkan di dua lokasi, yaitu di Masjid Istiqlal dan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre).

"Di Jakarta ada dua tempat, di Masjid Istiqlal dan Islamic Center Jakarta Utara. Tempat itu dipilih (oleh pemerintah) provinsi setempat," kata Heru.

Namun, ada beberapa daerah yang prosesi pemotongan sapi kurbannya dilakukan di hari kedua.

"Tentunya seperti di Kalimantan dan Sulawesi ada kendala-kendala penyampaian ke titik-titik lokasi. Ada satu atau dua daerah akan dilakukan prosesi pemotongan di hari kedua," kata Heru.

Pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha pada Minggu, 10 Juli, sedangkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu (9/7) berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Perbedaan itu terjadi karena dari 86 titik di seluruh provinsi Indonesia, para pemantau tidak melihat hilal. Sehingga, menurut Pemerintah, dengan ditetapkannya 1 Zulhijah pada 1 Juli 2022, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu (10/7/2022).

Rekomendasi