Zulkifli Hasan Bagi-bagi Migor Sambil Kampanye Pilih Putrinya, PAN: Itu Acara Partai, Bukan Kementerian

| 12 Jul 2022 10:56
Zulkifli Hasan Bagi-bagi Migor Sambil Kampanye Pilih Putrinya, PAN: Itu Acara Partai, Bukan Kementerian
Menteri Perdagangan yang baru dilantik, Zulkifli Hasan. (Foto: Dok BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Menteri Perdagangan (Mendag) yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan tengah menjadi sorotan lantaran membagi-bagikan minyak goreng kemasan murah berlabel 'Minyakita' sambil mengampanyekan putrinya, Futri Zulya Savitri saat kunjungannya ke Bandar Lampung pada Sabtu (9/7).

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi meluruskan, kehadiran Zulkifli bukan dalam kapasitas sebagai menteri. Melainkan sebagai ketua umum PAN, sebab acara tersebut merupakan acara partai.

"Acara itu di hari Sabtu, di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan atau kementerian, tetapi itu acara partai," kata Viva kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Adapun acara tersebut bertajuk PANsar Murah. Dalam acara tersebut, memang turut hadir Futri yang merupakan putri kandung Zulkifli Hasan sekalgus pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN dari daerah pemilihan (Dapil) Lampung 1.

Menurut Viva, minyak goreng kemasan murah 'Minyakita' itu tidak didapatkan secara cuma-cuma, melainkan dibeli oleh Futri.

"Minyak goreng kemasan itu dibeli oleh Futri tidak gratis. Dan dibagikan oleh Futri di daerah pemilihannya. Hal ini tentu sikap yang baik karena dapat memberi manfaat bagi ibu-ibu di dapilnya," kata Viva.

Dengan begitu, Viva membantah bahwa Zulkifli memanfaatkan jabatannya sebagai mendag dan membagi-bagikan minyak goreng murah ke warga untuk tujuan politik.

Dia memastikan bahwa ketua umumnya itu sangat memahami aturan. Lagipula acara tersebut juga digelar saat ASN sedang libur.

"Tidak akan abuse of power, menyalahgunakan kekuasaan sebagai menteri. Kegiatan partai dilaksanakan pada saat hari libur," tegasnya.

Untuk diketahui, beredar sebuah video yang memperlihatkan Mendag Zulkifli Hasan meninjau pasar murah minyak goreng yang digelar PAN di Lampung, Sabtu (9/7).

Dalam sambutannya di hadapan warga, Zulkifli sempat bertanya kepada para ibu-ibu yang hadir apakah sudah mendapatkan minyak goreng kemasan murah 'Minyakita'. Lalu dia meminta ibu-ibu tidak membayar minyak goreng murah Rp10.000 per 2 liter karena sudah dibayar oleh Futri.

Sebagai gantinya, Zulkifli meminta ibu-ibu untuk memilih Futri sebagai calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1. Jika para ibu-ibu memilih putrinya, maka program bagi-bagi minyak goreng murah dijanjikan akan digelar rutin dua bulan sekali.

"Sudah bawa uangnya? Uangnya enggak usah, dikantongi aja. Rp10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh (pasar murah) ginian 2 bulan sekali,” jelas Zulkifli.

Rekomendasi