Megawati Fokus Kegiatan Riset, PDIP: Renovasi Ruangan Urusan BRIN

| 17 Jul 2022 22:36
Megawati Fokus Kegiatan Riset, PDIP: Renovasi Ruangan Urusan BRIN
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - PDI Perjuangan (PDIP) angkat bicara soal proyek renovasi ruangan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), termasuk ruang kerja Ketua Dewan Pengarah BRIN yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, renovasi ruang kerja tersebut merupakan urusan BRIN.

"Terkait renovasi kantor di BRIN sepenuhnya merupakan urusan BRIN," kata Hasto kepada wartawan, Minggu (17/7/2022).

Hasto mengatakan, kapasitas Megawati di BRIN hanya sebatas memberikan pengarahan mengenai kegiatan riset dan inovasi untuk meningkatkan kedaulatan Indonesia.

"Ibu Mega dalam kapasitas beliau sebagai Ketua Dewan Pengarah lebih pada memberikan kebijakan pokok atau suatu direction agar seluruh kegiatan riset dan inovasi dapat mendorong peningkatan kedaulatan politik negara dan juga mempercepat Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi," kata Hasto.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan, berdasarkan pengalamannya selama ini, Megawati adalah sosok yang lebih mengedepankan berjalannya fungsi organisasi.

Dia mencontohkan, ruangan kerja Megawati baik di kantor DPP PDIP maupun Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung pun didesain dengan sederhana dan nyaman.

"Di Sekolah Partai misalnya, kursi tamu untuk ruangan Ibu Mega didesain sederhana oleh Bu Risma, menggunakan pembungkus kain tenun dari NTT. Dengan desain tersebut, ternyata Ibu Megawati sangat nyaman," kata Hasto.

"Bagi Ibu Megawati, ruangan kerja untuk Beliau lebih mengedepankan fungsi," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan situs lpse.brin.go.id yang dikutip pada Minggu (17/7), diketahui akan ada tender untuk proyek renovasi ruang kerja Dewan Pengarah BRIN.

Dalam laman LPSE tersebut, paket tersebut memiliki kode 7167760 dengan nama tender 'Jasa Konstruksi Renovasi Ruang Kerja Dewan Pengarah BRIN'. Proyek ini bakal dibiayai dari APBN dengan nilai pagu paket Rp6.109.000.000 dan nilai HPS (Harga Perkiraan Sendiri) Rp6.063.492.327.

"Tahun Anggaran APBN 2022. Nilai pagu paket Rp6.109.000.000. Nilai HPS paket Rp6.063.492.327," tulis rincian anggaran dari situs LPSE tersebut.

Adapun Kepala Biro Komunikasi Publik Umum dan Kesekretariatan BRIN, Driszal Friyantoni membantah renovasi ruang kerja itu hanya untuk ruangan Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, lantai 2 Gedung BRIN memang akan dijadikan ruang-ruang kerja bagi 10 Dewan Pengarah BRIN.

Adapun 10 anggota Dewan Pengarah itu antara lain Megawati Soekarnoputri, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Sudhamek Agoeng Waspodo Sunyoto, Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kisworo, dan Tri Mumpuni.

"Lantai 2 tersebut akan kami renovasi menjadi ruang-ruang kerja untuk semua Dewan Pengarah yang berjumlah 10 orang. Bukan hanya untuk ketua dewan pengarah sendiri," tegas Driszal.

Rekomendasi