Hadiri Kegiatan Y20, Puan Maharani Sampaikan Pesan Penting untuk Anak Muda, Apa?

| 18 Jul 2022 06:05
Hadiri Kegiatan Y20, Puan Maharani Sampaikan Pesan Penting untuk Anak Muda, Apa?
Ketua DPR RI Puan Maharani di Y20 (Dok. Istimewa)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri rangkaian acara Youth 20 (Y20) di Shangri La Hotel, Jakarta, Minggu (17/7/2022) malam.

Dalam acara tersebut Puan sempat memberikan sambutan untuk para delegasi Y20 yang berasal dari negara-negara G20.

"Saya datang ke sini untuk mendukung Youth 20," kata Puan ditemui usai acara.

Puan mengatakan, Y20 merupakan bagian dari kegiatan Presidensi G20. Nantinya, para anak muda yang menjadi delegasi akan saling bertukar pikiran mengenai isu-isu yang diangkat dalam Y20 tahun ini.

Terdapat empat isu yamg menjadi fokus pembahasan dalam agenda Y20, yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang bekelanjutan dan layak huni, dan keberagamaan dan inklusifitas.

"Anak-anak muda dari 20 negara yang hadir pada kesempatan ini ya tentu saja ingin bertukar pikiran, kemudian bagaimana bisa berdiskusi dan tentu saja bagaimana melihat Indonesia," kata Puan.

Puan meyakini, peran anak muda untuk dunia sangat besar, termasuk untuk memajukan bangsanya masing-masing.

"Anak-anak muda yang ada di negara G20 tentu saja mempunyai peran yang sangat penting untuk bisa memajukan bangsanya," kata Puan.

Puan berharap, buah pemikiran para anak-anak muda ini bisa dirumuskan dan diserahkan langsung kepada para pemimpin negara-negara G20.

"Hasil dari pertemuan mereka itu diharapkan bisa ikut membawa ide, usul atau masukan sebelum diadakannya G20," kata Puan.

Sementara Co-Chair Y20 Michael Victor Sianipar menambahkan, ini adalah kali pertama kegiatan Y20 disambut langsung oleh Ketua DPR RI.

Dia bilang, kehadirian Puan ini sekaligus bagian dari misi untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara demokrasi.

"Y20 sudah berjalan selama 20 tahun terakhir. Dan ini pertama kali suatu Youth 20 disambut oleh Ketua DPR," kata Victor.

"Jadi suatu kehormatan besar bagi kami dan pemuda-pemuda dunia bahwa di Indonesia kita menunjukan kekuatan dari demokrasi kita, dan itu disampaikan langsung oleh Bu Puan sebagai Ketua DPR menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang sudah kuat," imbuhnya.

Adapun pembukaan Y20 akan dilakukan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin (18/7) besok.

Jakarta dan Bandung ditunjuk sebagai tempat terselenggaranya Y20. Nantinya, hasil komunikee para delegasi ini akan dirumuskan dan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk diteruskan dalam forum puncak G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Rekomendasi