Sarankan Cari Cara Kreatif Kampanyekan 4 Isu Penting di KTT Y20, Ridwan Kamil: Nanti Saya Bantu Viralkan

Tim Editor

Ridwan Kamil dan Eril (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil berharap, empat isu prioritas yang dibahas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20) 2022 tak selesai sampai di puncak acara presidensi G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Dia menginginkan, isu-isu yang dihabas bisa dipopulerkan di kalangan anak muda.

Adapun empat isu prioritas yang dibahas dalam KTT Y20 antara lain yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

"Empat isu ini keren banget, relevan banget. Jangan selesai di komunike sampai di Bali, dibacakan atau dibahas di Summit G20. Yang lebih penting adalah mempopulerkan empat isu di kalangan anak muda," kata Emil dalam konferensi pers KTT Y20 secara daring, Sabtu (2/7/2022).


Supaya empat isu prioritas tersebut tetap berkelanjutan dibahas, Emil mengusulkan agar isu-isu itu dikemas dengan cara yang kreatif. Misalnya, mempopulerkannya lewat media sosial maupun video sinematik yang keren.

Sehingga, tidak menimbulkan anggapan bahwa KTT Y20 hanya sekedar menghasilkan hal formal saja.

"Bikin hal-hal yang sifatnya interkasi mendalam. Sehingga, jangan persepsinya nanti hasil-hasil Y20 ini sangat formal, untuk pemuda enggak usah (formal)," kata Emil.

Mantan wali kota Bandung itu bahkan siap membantu pantia Y20 untuk membuat sebuah video kampanye dan memvirlakannya. Sehingga isu-isu yang dinggap berat ini menjadi tetap sampai kepada setiap anak muda di dunia, khususnya Indonesia.

"Mumpung masih ada waktu, mumpung masih hangat bikin video-video, bikin campaign kita viralkan. Nanti saya bantu viralkan untuk ikut berpartisipasi," kata Emil.

"Karena ini masa depan mereka. Mungkin mereka belum mampu membahasakannya, tapi dengan kecerdasan kawan-kawan di Y20 ini, saya kira isu berat ini bisa diterima dan direnungkan oleh generasi muda, khususnya di Indonesia," imbuhnya.

KTT Y20 merupakan bagian dari rangkaian acara presidensi G20. Rencanaya, KTT Y20 akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat pada 17-22 Juli 2022.

Menjadi salah satu tuan rumah KTT Y20, Emil memastikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap mendukung acara tersebut baik dari sisi anggaran hingga tempat.

"Kami sangat bangga bahwa Y20 ini berlangsung dengan sangat luar biasa untuk menjadi platform suara anak-anak muda di masa depan," pungkasnya.

Tag: ridwan kamil KTT Y20

Bagikan: