Waketum Demokrat: Surya Paloh Dorong AHY Maju Pilpres, Tapi Ingatkan Jangan Ngoyo

| 19 Jul 2022 17:15
Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Dok. Instagram Agus Yudhoyono)

ERA.id -  Partai Demokrat mengklaim Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat dorongan dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk maju sebagai kandidat di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K. Harman mengatakan, hal itu disampaikan Surya Paloh saat bertemu dengan AHY beberapa waktu lalu.

"Pak Surya Paloh banyak mendengarkan, bahkan memotivasi dan mendorong mas AHY maju dalam Pilpres ini," kata Benny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Meskipun mendapat dukungan, Benny mengatakan, Surya Paloh juga berpesan kepada AHY supaya tidak terlalu memaksakan kehendak untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Soal jadi atau tidak, itu soal nanti. Yang penting beliau juga ingatkan jangan ngoyo, biarkan saja air mengalir," kata Benny.

Lebih lanjut, Benny mengatakan dalam pertemuan itu, Surya Paloh tidak pernah mendikte AHY. Sebaliknya, Surya Paloh lebih banyak mendengarkan dan memberi motivasi.

"Pak Surya paloh mendengarkan baik-baik Pak AHY, memotivasi, menginspirasi, tidak mendikte," kata Benny.

Padahal, di mata Partai Demokrat, Surya Paloh adalah sosok senior di dunia politik jika dibandingkan dengan AHY. Namun, dengan sikapnya itu, Benny menilai Surya Paloh adalah sosok politisi yang selalu memandang sama semua rekan-rekan politiknya.

Menurut Benny, sikap itu justru akan membuat banyak perubahan bagi keberlanjutan demokrasi di Indonesia kedepannya.

"Karena itu kami punya pandangan bahwa apa yang diperlihatkan oleh Pak Surya Paloh dalam komunikasi dengan kami yatu mengutamakan equal partnership, bukan dominasi," kata Benny.

Untuk diketahui, Partai Demokrat disebut-sebut telah merapat ke Partai NasDem. Tercatat ketua umum kedua partai tersebut sudah beberapa kali bertemu.

Teranyar, AHY dan jajaran Partai Demokrat mendatangi NasDem Tower pasca Partai NasDem selesai menggelar Rakernas.

Benny menyebut, dalam waktu dekat ini Partai NasDem dan Partai Demokrat akan kembali menggelar pertemuan. Hanya saja dia tak mau membocorkan kapan pastinya pertemuan itu digelar

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat lah Tunggu saja," ucapnya.

Rekomendasi