Rusuh Supporter Bola Serukan 'Solo Tembus Jogja', Polda DIY Ingatkan Jangan Rusak Fasilitas Umum: Tak Perlu Buat Keributan

| 25 Jul 2022 20:28
Rusuh Supporter Bola Serukan 'Solo Tembus Jogja', Polda DIY Ingatkan Jangan Rusak Fasilitas Umum: Tak Perlu Buat Keributan
Tangkapan layar video viral supporter bola di DIY

ERA.id - Kerusuhan yang melibatkan supporter sepak bola terjadi di sejumlah lokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (25/7). Polda DIY mengimbau kelompok pendukung tim bola agar patuh hukum.

"Kami imbau supporter bola, baik dari Solo dan Jogja untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang bisa merusak fasilitas umum. Tidak melakukan perbuatan yang melanggar dari aturan hukum," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, Senin (25/7/2022).

Ia pun mengajak supporter untuk menjaga situasi tetap kondusif agar pertandingan bola berjalan lancar.

"Mari sama-sama menjaga situasi supaya pertandingan bola, di manapun bisa dinikmati, bisa disaksikan dengan nyaman. Jadi tidak perlu membuat keributan," katanya.

Arak-arakan sepeda motor yang diduga kelompok supporter dari Solo terlibat bentrok dengan sekelompok massa lain. Kericuhan pecah di kawasan Gejayan atau Jalan Affandi, Caturtunggal, Depok, Sleman. Sebuah sepeda motor pun jadi korban perusakan dan ditinggal di jalanan.

Di lokasi ini, satu orang juga dilaporkan sempat tergeletak di jalanan. Diduga ia adalah anggota supporter yang menjadi korban amuk massa sekitar. Saksi mata menyebut ia berhasil dibawa pergi teman-temannya. Kejadian ini bahkan memunculkan kabar adanya korban jiwa. Namun hal ini dibantah Polda DIY.

"Saya sendiri sudah mengecek ke beberapa rumah sakit, dan dari Humas RS yang saya cek itu, menyatakan tidak ada korban atau tidak ada yang meninggal dunia," ujarnya.

Dari unggahan video warganet di media sosial, massa bermotor dengan atribut supporter bola juga terlihat di sejumlah lokasi di Jogja, seperti di sekitar Tugu Jogja. Di ikon Kota Jogja ini, konvoi motor terlihat berhenti, massa berteriak dan mengegas kendaraan keras-keras.

"Solo tembus Jogja!" seru seorang supporter sambil mengacungkan jari tengah di depan Tugu Jogja.

Warganet juga melaporkan bahwa konvoi supporter kemudian melewati Jalan Magelang hingga di sekitar kawasan Jombor. Diduga rombongan dari Solo itu melintasi Jogja untuk menuju ke Magelang demi menyaksikan laga kesebelasan favorit mereka.

Adapun di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin sore ini digelar pertandingan Liga 1 2022 antara Persis Solo melawan Dewa United.

Tags :
Rekomendasi