Nama Erick Thohir Masuk Penjaringan Capres PAN, Sinyal Bakal Diusung ?

| 26 Jul 2022 11:05
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengungkapkan, nama Menteri BUMN Erick Thohir paling kerap muncul saat partainya melakukan proses penjaringan internal nama calon presiden (capres). Menurutnya, pengurus partai di daerah semuanya memasukan nama Erick Thohir ke dalam daftar usulan.

"Di Pemilu Raya PAN di semua kabupaten/kota nama Erick Thohir ada semua. Pemilu Raya di kabupaten/kota merekomendasikan 10 nama, di antara 10 nama itu, nama Erick Thohir semua ada," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Menurut Yandri, pengurus PAN ditingkat daerah menilai Erick Thohir layak diusulkan sebagai capres. Namun, belum berarti partainya akan mengusung Erick Thohir pada Pilpres 2024.

Rencananya, usulan dari tiap-tiap daerah itu akan disampaikan pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN pada Agustus 2022 mendatang.

"Kita samapai sekarang belum menentukan siapa jadi capres dan cawapres. Kita masih menjaring internal partai," kata Yandri.

Meskipun akan ada usulan dari daerah, Yandri mengatakan keputusan diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Kalaupun nanti ada usulan capres cawapres itu sekedar masukan kepada ketua umum. Untuk memutuskan siapa nanti terserah pada ketua umum," katanya.

Lagipula, kata Yandri, pilihan capres dari PAN juga harus dikomunikasikan lebih lanjut dengan Partai Golkar dan PPP. Ketiga partai tersebut diketahui telah menjalin kerja sama untuk Pilpres 2024 yang diberi nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Sekarang semua partai kan sedang menggodok, menjaring siapa yang layak, diminati masyarakat, tentu banyak tokoh, oleh karena itu karan banyak tokoh perlu dibicarakan lebih lanjut, PAN siapa, Golkar siapa, PPP siapa, nanti akan ada titik temu dan kesepakatan," pungkasnya.

Rekomendasi