Cek Ijazah Asli atau Palsu Melalui Beberapa Cara Ini

| 12 Oct 2022 17:00
Cek Ijazah Asli atau Palsu Melalui Beberapa Cara Ini
Ijazah Jokowi (Twitter)

ERA.idIjazah adalah dokumen penting yang selalu digunakan untuk mendaftar sekolah atau mendukung jenjang karir. Ironisnya kini banyak ijazah palsu beredar. Lantas bagaimana cara cek ijazah asli atau palsu?

Dilansir dari situs resmi Kemdikbud terdapat beberapa cara untuk melakukan pengecekan ijazah. Namun sebelum membahas cara-cara tersebut, ada baiknya mengetahui ciri-ciri fisik ijazah asli berikut:

●        Jenis kertas ijazah asli memiliki tekstur tebal yang berbeda dari kertas biasa. Jenis kertas ini hanya diproduksi oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

●        Ijazah asli memiliki hologram permanen yang telah menyatu dengan kertas sehingga tidak bisa dilepas.

●        Memiliki nomor seri khusus yang hanya bisa diterbitkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan.

Meskipun demikian, pengecekan dalam bentuk ciri-ciri fisik terhadap ijazah belum cukup untuk membuktikan bahwa ijazah tersebut asli atau tidak. Oleh sebab itu maka perlu melakukan pengecekan secara online di situs resmi Kemdikbud untuk mengetahui dan membuktikan apakah ijazah tersebut asli atau tidak.

Cara Cek Ijazah Asli atau Palsu

  1. Cek Melalui Data Kemdikbud

Anda bisa melakukan pengecekan keaslian ijazah melalui situs Data Kemdikbud. Akan tetapi situs ini tidak bisa untuk mengecek ijazah Perguruan Tinggi, hanya meliputi ijazah SD, SMP, dan SMA.

Cara cek data di laman resmi Kemdikbud (kemdikbud.co.id)

Cara melakukan pengecekan ijazah melalui situs Data Kemdikbud, pertama buka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki. Lalu kunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Kemudian masukkan data NISN, nama ibu kandung dan kode captcha. Pastikan semua data telah diinput secara lengkap dan benar. Kemudian klik Cari Data, tunggu beberapa saat, nanti akan muncul data dari NISN yang terdaftar.

  1. Cek Melalui SIVIL

SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik adalah sebuah laman resmi pemerintah yang bisa diakses secara umum. Laman tersebut dapat melakukan pengecekan keaslian dari sebuah ijazah.

Pertama buka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki. Lalu kunjungi situs https://ijazah.kemdikbud.go.id/ . Kemudian Anda akan disajikan dengan tampilan Formulir Verifikasi dan ada tiga kolom yang harus diisi.

Kemudian isi ketiga kolom tersebut sesuai dengan data yang ada pada surat Ijazah, diantaranya Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah, dan Angka Pengaman. Pastikan semua data telah terisi secara lengkap dan benar.

Selanjutnya klik tombol verifikasi. Jika nomor ijazah terdaftar maka nanti akan keluar data tentang ijazah tersebut. Namun, jika tidak maka akan keluar notifikasi “Data Tidak Ditemukan”, silahkan Anda bisa menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan.

Perlu diketahui bahwa situs ijazah.kemdikbud.go.id tidak akan menampilkan informasi ijazah secara detail demi menjaga dan melindungi kerahasiaan data pemilik ijazah.

  1. Forlap Riset Dikti

Cara ketiga untuk melakukan pengecekan ijazah secara online adalah melalui situs Forlap Riset Dikti. Akan tetapi situs ini hanya bisa digunakan untuk melakukan pengecekan ijazah Perguruan Tinggi.

Forlap Pddikti Kemdikbud (Kemdikbud.co.id)

Pertama-tama buka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki. Lalu kunjungi situs https://forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa. Kemudian isi data nama perguruan tinggi, program studi atau jurusan, input kata kunci yang berupa nama mahasiswa atau nomor induk mahasiswa.

Selanjutnya jawab soal hitungan sederhana sebagai proses verifikasi. Kemudian nantinya akan muncul data berupa pencarian mahasiswa. Informasi data yang ditampilkan melalui situs ini lebih detail dibandingkan dengan situs SIVIL.

Selain cara cek ijazah asli atau palsu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi