Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api, Anda Tertarik Jadi Bagian dari PT KAI?

| 16 Oct 2022 18:04
Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api, Anda Tertarik Jadi Bagian dari PT KAI?
Ilustrasi pramugari kereta api (antaranews)

ERA.id - Pramugari menjadi salah satu profesi yang diburu oleh pencari kerja, tak hanya pramugari pesawat, tetapi juga pramugari kereta api. Untuk bisa mendapatkan posisi tersebut, terdapat sejumlah syarat menjadi pramugari kereta api yang harus dipenuhi.

lustrasi LRT Jabodetabek (antaranews)

Umumnya, profesi ini diminati oleh lulusan baru. Petugas pelayanan kereta api tidak hanya perempuan. Pramugari di kereta api, baik perjalanan jauh maupun dekat, disebut prami. Sementara, pramugara di kereta api disebut prama.

Di tingkat nasional, para prama dan prami bekerja di bawah manajemen PT Reska Multi Usaha atau KAI SERVICES. Ini merupakan salah satu anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Para pramugari kereta api mendukung salah satu inti bisnis KAI SERVICES, yaitu on board services. Apa yang harus dilengkapi untuk bisa menjadi salah satu dari para prama dan prami tersebut?

Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api di KAI SERVICES

Dikutip Era dari kompas, berikut ini merupakan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar menjadi prama dan prami.

1. Pria atau wanita.

2. Usia maksimal 27 Tahun.

3. Memiliki penampilan yang menarik, tidak berkacamata, dan tidak menggunakan kawat gigi.

4. Tinggi badan pria minimal 170 cm, sedangkan wanita minimal 160 cm.

5. Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat dengan dengan rata-rata nilai ujian nasional 6,0.

6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Reska Multi Usaha atau KAI SERVICES.

7. Mampu bekerja di bawah tekanan dan target.

Selain kesiapan diri, seperti fisik dan kemampuan, terapat beberapa syarat administratif yang harus disiapkan. Berikut ini adalah beberapa berkas yang harus disiapkan oleh para pelamar.

1. Surat lamaran dan curriculum vitae (CV).

2. Foto 4x6 dan foto postcard seluruh badan.

3. Fotokopi ijazah pendidikan akhir dan SKHU/SKHUN/NEM yang telah dilegalisasi.

4. Surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh puskesmas/RS/klinik yang mencantumkan tinggi badan dan berat badan.

5. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) atau surat izin mengemudi (SIM).

6. Fotokopi surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisai.

7. Fotokopi kartu keluarga (KK).

Nantinya para pelamar prama dan prami akan mengikuti alur pendaftaran dan seleksi prama dan prami. Berikut ini adalah alur pendaftaran dan seleksi yang biasanya dilakukan PT Reska Multi Usaha.

1. Pendaftaran administrasi melalui web.

2. Verifikasi berkas dan performance test.

3. Seleksi wawancara.

Pramugara dan Pramugari Kereta Api LRT Jabodetabek

Selain di bawah PT Reska Multi Usaha atau KAI SERVICES, ada pula prama dan prami yang bertugas di LRT Jabodebek. Di bawah PT KAI (persero), para prama dan prami akan bertugas di 27 rangkaian kereta light rapid transit (LRT) Jabodebek (4 cadangan).

Dilansir Kompas pada Rabu, 24 November 2021, VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan bahwa LRT Jabodebek akan menggunakan sistem kendali kereta berbasis komunikasi. Pada rangkaian LRT Jabodebek yang beroperasi tanpa masinis terdapat 2 petugas, yaitu seorang train attendant dan seorang security.

Jadi, train attendant tidak hanya memberikan informasi dan pelayanan kepada para pelanggan LRT Jabodetabek. Mereka juga memiliki tugas mengemudikan LRT dengan kecepatan terbatas dan membuka-tutup pintu LRT Jabodebek saat ada gangguan. Oleh sebab itu, sebelum bertugas para train attendant mendapatkan pelatihan selama 2,5 bulan di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Sofyan Hadi Bekasi.

Itulah berbagai syarat menjadi pramugari kereta api. Tak hanya kecantikan dan ketampanan, kecakapan juga dibutuhkan untuk menjadi prama dan prami. 

Rekomendasi