Menggantikan Masa Orientasi Siswa, Apa Itu MPLS?

| 18 Dec 2022 18:15
Menggantikan Masa Orientasi Siswa, Apa Itu MPLS?
Ilustrasi anak sekolah (Twitter)

ERA.id - Jika generasi 90-an dulu akrab dengan istilah Masa Orientasi Siswa atau MOS, kini kegiatan tersebut diganti dengan MPLS. Apa itu MPLS? Mari cari tahu lebih dalam melalui artikel ini.

Apa Itu MPLS?

Dilansir dari laman resmi Universitas Medan Area, MPLS adalah Pengenalan Lingkungan Sekolah. Perlu diketahui, istilah MPLS menggantikan istilah MOS (Masa Orientasi Siswa). Istilah MOS diubah menjadi MPLS sejak tahun pelajaran 2018/2019.

MPLS menghindari perploncoan (Twitter)

MPLS merupakan kegiatan pengenalan sekolah yang dilaksanakan pada hari pertama sekolah. Selain itu, MPLS juga wajib untuk semua mahasiswa baru. Nantinya, kegiatan tersebut akan diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Selain itu, kegiatan MPLS juga ditujukan untuk mengenalkan program-program sekolahan, metode pembelajaran, sarana prasarana, pengenalan konsep diri dan pembinaan awal budaya sekolah.

Pelaksanaan MPLS  sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Berdasarkan aturan tersebut, MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama tahun ajaran.

MPLS juga dilakukan pada hari sekolah dan jam pelajaran. Pengenalan lingkungan sekolah harus memuat kegiatan yang bermanfaat, mendidik, kreatif, dan menyenangkan.

Aturan Pelaksanaan MPLS

Terdapat aturan pelaksanaan yang harus diikuti oleh sekolah selama masa MPLS. Hal tersebut tertuang dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Pelaksanaannya juga dilakukan dengan memperhatikan hal-hal seperti:

  1. Perencanaan dan pengorganisasian kegiatan hanyalah hak guru
  2. Dilarang melibatkan mahasiswa senior (kakak kelas) atau alumni sebagai penyelenggara
  3. Dilakukan di lingkungan sekolah, kecuali sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai
  4. Harus melakukan kegiatan edukatif
  5. Dilarang melakukan perpeloncoan dan tindakan kekerasan lainnya
  6. Memakai seragam dan atribut resmi sekolah
  7. Dilarang memberikan tugas kepada mahasiswa baru berupa kegiatan atau penggunaan atribut yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran
  8. Dapat melibatkan tenaga kependidikan yang relevan dengan materi pengenalan lingkungan sekolah
  9. Dilarang memungut biaya atau bentuk pungutan lainnya

Tujuan MPLS Diadakan di Sekolahan

  1. Mengenali potensi diri siswa baru
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
  5. Menumbuhkan perilaku positif, antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang punya nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong

Selain pertanyaan apa itu MPLS, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi