Inilah yang Menjadi Parameter Kekuatan Angkatan Laut Indonesia, Simak!

| 19 Dec 2022 22:05
Inilah yang Menjadi Parameter Kekuatan Angkatan Laut Indonesia, Simak!
Personel TNI AL bersama Kapal Perang Indonesia KRI Sampari-628 di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB, Jumat (28/1/2022). ANTARA/HO-Lanal Mataram

ERA.id - Belum lama ini World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) mengeluarkan data terkait angkatan laut dari berbagai negara. Mereka mempunyai sebuah formula penilaian True Value Rating (TvR) yang memperkirakan kekuatan angkatan laut dari suatu negara dengan melihat beberapa aspek.

Sebagai salah satu negara maritim dengan wilayah yang dikelilingi lautan, Indonesia mempunyai pasukan militer Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) untuk mempertahankan dan menjaga wilayah perairannya. Dengan kekuatan militer yang dimiliki, Indonesia terdaftar sebagai salah satu dari 10 negara dengan Angkatan Laut terbesar di dunia.

Berdasarkan data World Population Review tahun 2022, data menyimpulkan Indonesia mempunyai sebanyak 282 kapal perang dan kapal selam. Kekuatan militer inilah yang menjadikan Indonesia masuk daftar 10 besar negara dengan angkatan laut terbesar di dunia. Data tersebut didapatkan dari jumlah kapal perang dan kapal selam pada tahun 2020.

Berdasarkan TvR dari WDMMW, di bawah ini adalah negara dengan angkatan laut yang paling disegani di dunia:

Amerika Serikat (AS)

Amerika Serikat menduduki posisi pertama dengan skor TvR sebesar 329,9. Angkatan laut Amerika Serikat mempunyai 243 unit armada kapal aktif dengan perincian 11 unit kapal induk, 68 unit kapal selam, 131 unit armada kapal utama, serta 33 kapal amfibi.

Angkatan laut Amerika Serikat dibentuk pada tahun 1775 atau 247 tahun yang lalu dan pada saat ini menjadi angkatan laut yang paling disegani di kancah internasional.

China

Ilustrasi Kapal Perang China Qiandaohu (AO 886) dalam latihan militer bersama di kawasan Asia Pasifik. (Wikimedia Commons/RIMPAC)

China mempunyai Tentara Pembebasan Rakyat yang merupakan tentara nasional dan dinaungi oleh partai komunis. Jika dikomparasikan dengan Amerika Serikat, sebenarnya armada angkatan laut China jauh lebih banyak, yaitu sebanyak 416 armada kapal aktif.

Namun, WDMMW memosisikan China pada urutan kedua dengan TvR sebesar 319,8. Angkatan laut China sudah terbentuk sejak tahun 1949 dan menyimpan armada kapal dengan perincian 2 unit kapal induk, 72 unit kapal selam, 333 unit armada kapal utama, serta 9 unit kapal amfibi.

Rusia

Mengenai pertahanan negara, Rusia sering disebut-sebut sebagai negara terbaik, tidak terkecuali untuk angkatan lautnya. Tidak heran, posisi ketiga negara dengan angkatan laut terkuat diduduki oleh Angkatan Laut Rusia. Angkatan Laut Rusia mempunyai nilai TvR sebesar 242,3 dan 265 unit armada kapal aktif.

Jika dirincikan, Rusia mempunyai 1 unit kapal induk, 58 unit kapal selam, 185 unit armada kapal utama, dan 21 unit kapal amfibi. Sebagai tambahan, Angkatan Laut Rusia sudah didirikan sejak tahun 1696 dengan nama "Imperial Russian Navy".

Indonesia

Indonesia menduduki peringkat keempat dalam daftar kekuatan armada laut dunia. Indonesia mendapatkan nilai TvR sebesar 137,3 dan mempunyai 242 unit kapal armada laut.

Jika diperinci, Indonesia memiliki 4 buah unit kapal selam, 208 unit armada kapal utama, serta 30 unit kapal amfibi. Inilah yang ditetapkan sebagai parameter kekuatan angkatan laut Indonesia. TNI AL Indonesia dibentuk bersamaan dengan tahun kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tahun 1945.

Korea Selatan (Korsel)

Posisi terakhir daftar negara dengan angkatan laut yang paling disegani dunia internasional adalah Korea Selatan. Dengan sebanyak 138 unit armada kapal, Korea Selatan mengumpulkan skor TvR sebanyak 122,9.

Secara terperinci, armada kapal Korea Selatan yang berdiri sejak tahun 1945 ini terdiri dari 18 unit kapal selam, 110 unit armada kapal utama, dan 10 unit kapal amfibi.

Demikianlah penjelasan tentang angkatan laut beberapa negara, salah satunya Indonesia yang masuk ke dalam 5 besar negara dengan angkatan laut terkuat di dunia.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi