Beberapa Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia, Beserta Fungsinya

| 23 Dec 2022 07:01
Beberapa Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia, Beserta Fungsinya
Ilustrasi bauksit (Freepik)

ERA.id - Bauksit merupakan batuan bijih besi limonit yang komposisi kandungan besinya digantikan oleh aluminium. Proses pembentukannya terjadi saat silika keluar dari tanah laterit.

Bauksit tidak mengandung komposisi tertentu, kecuali beberapa macam mineral tanah liat, aluminium hidroksida, dan aluminium oksida hidro. Namun, mineral yang tidak larut juga menjadi bagian dari komposisinya, antara lain siderit, kuarsa, magnetit, goetit, dan hematit.

Bauksit sebagian besar dapat ditemukan pada iklim subtropis atau tropis basah, dan menjadi bahan sumber utama untuk industri produksi aluminium dunia. Sumber utama aluminium antara lain bijih bohmit, diaspore, dan gibbsite. Bahan ini mempunyai struktur pisolitik dan warna coklat kemerahan, bersama dengan berat jenis rendah 2,0-2,5.

Fungsi Bauksit

Ilustrasi penggunaan bauksit. (Dok. Antara)

Dalam sejarahnya, pada tahun 1821, ahli geologi Prancis Henri Rouvere menemukan batu Bauksit di Les Baux-de-Provence di Prancis selatan.

Rouvere menamai penemuan batunya setelah berada di desa Les Baux. Saat ini, bauksit dimanfaatkan dalam banyak hal, diantaranya sebagai bahan kimia berbasis aluminium, bahan abrasif, logam aluminium, semen, dan bahan tahan api.  

Bahan kimia dengan kandungan aluminium dimanfaatkan dalam deodoran dan kosmetik lainnya. Barang ini  juga digunakan sebagai fasilitas pengolahan air limbah. Logam aluminium juga dimanfaatkan dalam pembuatan kabel listrik, kaleng bir, badan mobil, kulit pesawat, dan cangkang elektronik.  

Sedangkan bahan tahan api difungsikan dalam kiln, tungku, kotak api, serta perapian. Bahan abrasif yang mengandung aluminium difungsikan untuk menggiling baja karbon dan baja kecepatan tinggi. Selain itu, bahan ini juga digunakan sebagai isolator listrik dan produk amplas.

Ekstraksi Bijih Mineral

Bauksit merupakan salah satu batuan yang bisa ditemukan dalam jumlah besar pada banyak negara dari seluruh dunia. Bahkan, beberapa negara mempunyai cadangan Bauksit yang berusia lebih dari 100 tahun.

Batuan bisa diperoleh dengan mudah pada penambangan terbuka. Peledakan atau pengeboran menjadi cara yang dipilih untuk membuka lapisan bauksit di bawah lapisan tanah atas, yang selanjutnya dipecah dan diangkat ke truk untuk dihancurkan dan dicuci sebelum dibawa ke kilang alumina. Lantas apa saja negara penghasil bauksit terbesar di dunia? Simak daftarnya di bawah ini.

Australia

Produsen bauksit nomor satu di dunia pada saat ini dipegang oleh Australia dengan 81.000 metrik ton produksi bauksit setiap tahunnya. Prosesnya dilakukan di lima tambang yang memasok tujuh kilang dengan pasokan enam smelter.

Cina

Negara penghasil bauksit terbesar yang kedua adalah Cina dengan sekitar 47.000 metrik ton produksi bauksit per tahun. Cadangan bauksit China sudah menurun karena meningkatnya permintaan dunia untuk aluminium dan produk sampingannya. China sendiri sudah memutuskan untuk melakukan impor bauksit dari Australia, India, dan Malaysia.

Brazil

Negara yang menghasilkan bauksit nomor tiga adalah Brasil dengan 32.500 metrik ton produksi bauksit per tahun. Brasil mempunyai kilang alumina terbesar di dunia yang menerima pasokan dari dua tambang di negara bagian. Negara ini memiliki pipa bawah tanah yang unik yang berfungsi untuk mengangkut bauksit mentah ke kilang.

Guinea

Negara penghasil bauksit keempat yaitu Guinea dengan produksi bauksit 19.300 metrik ton per tahun. Guinea konon mempunyai deposit bauksit terbesar di dunia. Guinea tidak mempunyai kilang hingga saat ini, sehingga batu dikirim ke kilang Ukraina. Namun, semua tambang di negara ini dikuasai oleh perusahaan asing.

India

Negara penghasil bauksit nomor lima adalah India dengan 19.000 metrik ton produksi bauksit per tahun. India mempunyai tujuh negara bagian penghasil bauksit dengan tujuh pabrik peleburan dan sembilan kilang untuk aluminium.

Negara Penghasil Bauksit Lainnya

Negara berikutnya yang menghasilkan bauksit antara lain Jamaika 9.800 metrik ton, Kazakhstan 5.500 metrik ton, Rusia 5.300 metrik ton, Suriname 32.700 metrik ton, dan Venezuela 2.200 metrik ton.

Demikianlah beberapa negara penghasil bauksit terbesar di dunia hingga saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi