Profil Laksamana Madya Muhammad Ali: Prajurit Berprestasi yang Gantikan Yudo Margono sebagai KSAL

| 28 Dec 2022 12:41
Profil Laksamana Madya Muhammad Ali: Prajurit Berprestasi yang Gantikan Yudo Margono sebagai KSAL
Laksamana Madya Muhammad Ali dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala Staf TNI AL (KSAL) menggantikan Laksamana Yudo Margono di Istana Negara Jakarta. (Tangkapan layar YT Setpres)

ERA.idPresiden Jokowi telah melantik Laksamana Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru. Memegang peranan strategis, artikel ini akan membahas profil laksamana madya muhammad ali

Perlu diketahui, Muhammad Ali menggantikan Laksamana Yudo Margono yang menjadi Panglima TNI saat ini. Sebelumnya, Laksamana Muhammad Ali menjadi Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia (KSAL).

Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Profil Laksamana Madya Muhammad Ali

Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. (lahir 9 April 1967) adalah seorang perwira angkatan laut lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) pada tahun 1989. Saat ini Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia.

Ali, dikatakan telah memegang banyak posisi penting. Dia adalah mantan pengawal Wakil Presiden Indonesia Boediono. Selain itu Ali juga pernah menjabat sebagai Kasguskamlabar, Pati Sahli Kasal untuk Ecojemen, Perwira Khusus Kasal, Danguskamlabar, Waasrena Kasal, Gubernur AAL, Koorsahli Kasal, Pangkoarmada I, Asrena Kasal, Pangkogabwilhan I dan terakhir sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

Tidak hanya berprestasi di dalam negeri, Ali juga beberapa mengikuti seminar nasional dan internasional di berbagai negara seperti USA, Singapura, Malaysia, Sri Lanka, Korea Selatan, Bangladesh dan lain-lain.

Muhammad Ali Banyak Memiliki Prestasi

Muhammad Ali adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989. Pria kelahiran 9 April 1967 ini adalah Pangkogabwilhan 1 sejak 2 Agustus 2021. Awal karir Ali paling banyak di divisi angkatan laut TNI Angkatan Laut.

Selain itu, Ali juga pernah menjabat sebagai Komandan KRI Nangala 402 dan menjadi Komandan Satuan Kapal Selam. Ali dapat dianggap sebagai orang yang memiliki tanggung jawab besar.

Jabatan yang pernah diduduki Ali lainnya di antaranya: Mantan Gubernur Angkatan Laut, Koorsahlia KSAL, Panglima Komando Armada 1, Asrena KSAL, Pangkogabwilhan 1. Menurut laporan baru, dia akan diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia (KSAL).

Selain itu, Muhammad juga memiliki peran dalam kinerja dan perencanaan strategis. Kawasan ini ditandai dengan TNI Angkatan Laut dan banyak KSAL pasca Orde Baru yang berpengalaman di kedua kawasan tersebut.

Direktur Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi mengatakan, pengangkatan Muhammad Ali memenuhi kriteria.

Tentu saja karir Ali terbilang panjang dan penunjukan ini merupakan kebangkitan besar bagi TNI Angkatan Laut.

”Penunjukan itu sudah sesuai kriteria dan dia (Ali) punya masa aktif yang cukup panjang sehingga kami harapkan regenerasi berjalan dengan baik dan kepemimpinan lebih panjang akan memberikan ruang dan waktu yang lebih memadai bagi KSAL yang akan dilantik untuk bekerja menyiapkan hal-hal yang menjadi peran dan fungsinya,” ujarnya dilansir dari dari Kompas, Selasa 27 Desember.

Ali menduduki peringkat pertama di TNI Angkatan Laut saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelantikan Ali sebagai KSAL berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 28 Desember.

Sejumlah pejabat hadir dalam upacara peresmian tersebut antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menkopolhukam Mahfud Md, Mensesneg Pratikno, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit. Prabowo, Jenderal KSAD Dudung Abdurahman, Marsekal KSAU Fadjar Prasetyo dan Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia.

Selain profil Laksamana Madya Muhammad Ali, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi