Spesifikasi Maung Pindad Beserta Harga yang Dipasarkan

| 19 Jan 2023 14:43
Spesifikasi Maung Pindad Beserta Harga yang Dipasarkan
Mobil Maung buatan PT Pindad (Instagram @prabowo)

ERA.id - PT Pindad merupakan salah satu perusahaan anak negeri yang sukses mengembangkan sektor perlengkapan militer. Pindad mulai merambah industri otomotif dengan meluncurkan mobil taktis dengan nama Maung. Maung Pindad masuk dalam kategori kendaraan taktis atau disebut Rantis. Pada awal kemunculannya, rantis ini dirilis untuk keperluan militer dan memiliki braket yang dapat dipasangi senjata dengan dudukan spesifik. Maung Pindad kemudian mengembangkan versi sipilnya. Maung ini difungsikan untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan. Dalam artikel ini, akan dibahas spesifikasi Maung Pindad.

Presiden Joko Widodo hadir pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2023 untuk meresmikan nama mobil Maung buatan Pindad dengan seremoni pecah kendi. Ada momen menarik yaitu ketika Jokowi juga terlihat menjajal performa Pindad Maung. Jokowi tampak duduk di kursi penumpang sebelah kiri dengan mengenakan setelan kemeja putih dan celana hitam. Jokowi disupiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Presiden Jokowi membubuhkan tanda tangan di kap kendaraan taktis "Maung" di Kemhan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Spesifikasi Maung Pindad

Maung Pindad merupakan kendaraan taktis 4x4 yang dikembangkan Pindad. Kendaraan versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan. Versi pertama diberi nama Komando yang difungsikan bagi komandan. Versi kedua diberi nama Jelajah yang dipakai untuk medan tempur dan operasional. Maung memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dua versi sebelumnya. Kelebihan tersebut antara lain terletak pada kelincahannya dalam bermanuver. 

Maung Pindad merupakan mobil berpenggerak empat roda (4WD) atau 4x4 dengan ban 35 x 12.50 R17. Maung dibekali mesin diesel yang berasal dari Toyota Hilux berkapasitas 2.494 cc.  Kendaraan ini memiliki panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, tinggi 1.820mm, dan jarak sumbu roda 3.090 mm. Maung dibekali velg 17 inchi yang dibalut dengan ban Mud Terrain (MT). Tenaganya cukup besar yaitu 149 HP dengan torsi maksimal 400 Nm.

Dengan kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km, menjadikan Maung memiliki manuver yang gesit dan handal. Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lainnya.

Transmisi yang digunakan yaitu manual 6 percepatan. Maung Pindad memiliki tangki BBM 80 liter. Suspensi depannya menggunakan independent dengan coilover shock. Adapun suspensi belakangnya menggunakan rigid dan 4 link dengan coilover shock yang dapat meredam getaran saat berkendara melewati berbagai medan.

Untuk Maung Pindad versi Rantis dibekali dengan perlengkapan senjata seperti dudukan senjata kaliber 7,62 mm, konsol senapan SS2-V4. Ada juga hi-lift jack, winch 4,5 ton, alat pemadam api ringan (APAR), dan 4 titik derek.

Harga Maung Pindad

Lalu untuk harga yang dipasarkan, pada saat diluncurkan Maung Pindad memiliki harga Rp600.000.000 per unitnya. Kemudian untuk harga versi sipil jika melihat spesifikasinya yang tidak jauh berbeda, idealnya harga yang diberikan juga tidak jauh berbeda. Diperkirakan harga yang dipasarkan adalah sekitar Rp 600.000.000 hingga Rp 700.000.000-an. Maung Pindad ini juga bisa dimodifikasi sesuai dengan permintaan dari pembelinya.

Demikianlah spesifikasi dan kisaran Maung Pindad, kendaraan taktis gagah anak negeri yang mengembangkan versi sipilnya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi