Profil Ahmad Munasir, Dosen UII yang Viral karena Hilang di Norwegia

| 20 Feb 2023 12:55
Profil Ahmad Munasir, Dosen UII yang Viral karena Hilang di Norwegia
Profil ahmad munasir (UII)

ERA.id - Satu pekan ini netizen dibuat heboh karena hilangnya dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama di Norwegia. Artikel ini akan membahas mulai dari profil Ahmad Munasir, hingga hal-hal menarik lainnya.

Perlu diketahui Rafie adalah pengajar dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang hilang kontak setelah mengikuti kegiatan mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN), Norwegia sejak Sabtu, 11 Februari 2023 lalu.

Fakta dan Profil ahmad munasir

  1. Biodata

Ahmad Munasir Rafie adalah pria kelahiran Banjarmasin, 3 Maret 1986. Rafia diketahui tinggal di Karangwaru Lor TR II/135 B, Yogyakarta.  

Adapun ciri-ciri fisik Rafie memiliki tinggi badan 175 cm dan berat badan 68 kg, dengan warna kulit sawo matang.

  1. Riwayat Pendidikan

Dilansir dari laman resmi UII, Rafie merupakan lulusan S1 dari Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2008.

Kemudian pada tahun 2011, Rafie menyelesaikan  gelar Masternya di Monash University, kemudian menempuh studi doktoral di Universitas Stony Brook, Universitas Negeri New York Amerika Serikat pada 2019.

  1. Bidang yang Digeluti

Rafie adalah penerima beasiswa Fulbright dengan mengambil beberapa mata kuliah di Universitas New York dan Teachers College, Universitas Columbia. Diketahui, minat penelitian Rafie di bidang teknologi informasi, khususnya teknologi seluler, masyarakat, hingga pembelajaran mobile, media sosial, mobile games, dan keamanan perangkat seluler.

  1. Dosen Informatika

    Ahmad Munasir Rafie adalah Dosen Informatika UII (Era)

Diketahui, Rafie Pratama adalah seorang dosen di Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri, UII Yogyakarta. Selain itu, Rafie adalah seorang asisten profesor dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Informatika.

  1. Pesan Terakhir pada Istri

Rafie diketahui ke Norwegia bersama tiga orang lainnya sejak 5 hingga 12 Februari 2023. Sebelum dinyatakan hilang di Turki, Rafie sempat memberikan pesan terakhirnya kepada sang istri. Hal tersebut dilakukan Rafie sebelum berangkat ke Istanbul, Turki.

Pesan terakhir  Ahmad dikirim kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang sebelum menaiki pesawat ke Istanbul, "Menunggu boarding." Sejak itu, dirinya tidak pernah mengirim pesan lagi.

  1. Berada di Amerika

Kabar terbaru, hilangnya Rafie sudahmulai menemukan titik terang. Setelah aktivitas daringnya terakhir terlacak di Turki, akademisi Fakultas Teknik Industri itu terpantau berada di Amerika Serikat.

Kabar tersebut disampaikan dalam keterangan Rektor UII Fathul Wahid, Minggu (19/2/2023) malam. Sebelumnya, sejak Jumat (17/2/2023) malam, UII telah menyatakan secara resmi hilangnya Ahmad. Pihak keluarga pun telah melapor ke Polda DIY dan mengumumkan Ahmad sebagai orang hilang.

  1. Belum Diketahui Lokasi Pastinya

Meskipun sudah terlacak, namun lokasi persis dan alasan Ahmad berada di Boston masih belum diketahui secara pasti.

"UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa AMRP menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, AMRP belum bisa dihubungi," kata Fathul.

  1. Dinyatakan Tidak Hilang

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol. Krishna Murti menyebut keberadaan Dosen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Ahmad Munasif Rafie Pratama (AMRP) sudah terdeteksi di mana yang bersangkutan tidak hilang, tetapi mengubah rute kepulangan tanpa pemberitahuan.

“Sudah terdeteksi, yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun,” kata Krishna dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Terkait apa alasan Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut mengubah rute dan apakah ada hal yang membuat perubahan rute tersebut, Krishna belum memberikan informasi lebih lanjut.

Selain profil Ahmad Munasir, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi