Daftar Pejabat Kemenkeu Pemilik Moge, Ada Sri Mulyani Salah Satunya

| 27 Feb 2023 19:27
Daftar Pejabat Kemenkeu Pemilik Moge, Ada Sri Mulyani Salah Satunya
Pejabat kemenkeu pemilik moge (unsplash)

ERA.id - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menjadi sorotan masyarakat usai terkuaknya kekayaan Kepala Bagian Umum DJP Kemenkeu Kanwil Jakarta Selatan Rafael Alun Trisambodo. Hal tersebut berakhir pada pejabat kemenkeu pemilik moge dilarang pamer dan berujung pembubaran klub.

Rafael Trisambodo menjadi bulan-bulanan netizen setelah putranya Mario Dandy terlibat tindak pidana penganiayaan yang dilakukan terahadap putra petinggi GP Ansor, David.

Selain melakukan aksi pelanggaran hukum, melalui akun media sosialnya Mario Dandy juga kerap memamerkan mobil dan motor gede (moge) mewah. Hal tersebut yang membuat netizen bertanya-tanya sumber kekayaan Dandy dan ayahnya.

Pembubaran Klub Moge Kemenkeu

Terakhir adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta klub bernama BlastingRijder DJP dibubarkan. Komunitas tersebut diketahui beranggotakan para pegawai pajak pecinta motor gede alias Moge.

Perintah tersebut muncul setelah mendapati banyak laporan dan melihat ramai beredar foto Dijen Pajak Suryo Utomo mengendari moge bersama BlastingRijder DJP. "Meminta agar klub BlastingRijder DJP dibubarkan," ujar Sri Mulyani melalui keterangan tertulis, Minggu (26/2/2023).

Daftar Pejabat Kemenkeu Pemilik Moge

1. Honda Rebel Sri Mulyani dan 3 Pejabat Lainnya

Meskipun membubarkan klub moge Kemenkeu, ternyata Sri Mulyani dan tiga pejabat lainnya ketahuan memiliki moge.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Tercatat Memiliki Moge. (Antara)

Adapun jenis moge yang dimiliki Sri Mulyani dan tiga pejabat lainnya yaitu Honda Rebel CMX500. Motor tersebut tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diperoleh berdasarkan hasil sendiri dengan nilai taksir mencapai Rp145 juta.

Adapun tiga pejabat lain yang memiliki Honda Rebel 500cc, di antaranya:

  • Direktur Perpajakan Internasional Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Mekar Satria Utama (buatan 2018) dengan nilai Rp120 juta.
  • Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak Peni Hirjanto (Honda Rebel produksi 2019) dengan nilai tafsiran mencapai Rp158 juta.
  • Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh (Honda Rebel 500 buatan 2018) dengan harga taksiran senilai Rp130 juta. Selain itu, Awan juga memiliki moge Kawasaki Z900 tahun 2013 dari hasil sendiri senilai Rp110 juta.

2. Direktur Penegakan Hukum DJP Eka Sila Kusna Jaya

Sementara itu ada  Eka Sila Kusna Jaya yang menjabat Direktur Penegakan Hukum DJP dan tercatat memiliki beberapa moge, di antaranya:

  • Royal Enfield Bulletclasic tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp55 juta.
  • Kawasaki ER650H tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp60 juta.

3. Dirjen Pajak

Kemuian ada Dirjen Pajak Suryo Utomo yang baru-baru ini mendapat perintah dari untuk menyampaikan secara terbuka kepada publik terkait harta kekayaan dan sumbernya.

"Saya menyampaikan intruski kepada Dirjen Pajak, jelaskan dan sampaikan kepada masyarakat mengenai jumlah harta kekayaan Dirjen Pajak dan dari mana sumbernya seperti yang dilaporkan pada LHKPN," tegas Sri Mulyani.

  • Adapun moge milik Suryo Utomo di antaranya:Harley Davidson Sportster tahun 2003 dari hasil sendiri senilai Rp155 juta
  • Kawasaki ER6 tahun 2019 dari hasil sendiri senilai Rp52 juta.

Selain  pejabat kemenkeu pemilik moge, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi