Profil Nicke Widyawati, Dirut Pertamina Dua Periode Beserta Harta Kekayaannya

| 06 Mar 2023 18:45
Profil Nicke Widyawati, Dirut Pertamina Dua Periode Beserta Harta Kekayaannya
Profil Nicke Widyawati (Foto: Antara)

ERA.id - Profil Nicke Widyawati selaku Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) menjadi sorotan netizen setelah Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara dilanda kebakaran pada Jumat malam, 03 Maret 2023. Bahkan, beberapa warganet di media sosial mendesak Nicke Widyawati bersama jajarannya untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

"Peristiwa kebakaran terus berulang. Alangkah eloknya, bila Dirut dan Komut Pertamina mendedikasikan diri untuk tragedi ini dengan bersedia mundur dari jabatan mereka," demikian cuitan salah satu warganet di Twitter, Sabtu 04 Maret 2023.

"Pertamina salah urus! paksa dirut dan komut MUNDUR dari jabatannya! MUUNDUURR," komentar warganet lainnya, Minggu 05 Maret 2023.

Foto udara permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada 3 Maret 2023. (Antara/M Risyal Hidayat/foc)

Sedangkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sempat menyinggung pencopotan direksi perusahaan tersebut saat menjenguk korban kebakaran di Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Menurut Erick, pencopotan direksi bukan menjadi solusi yang tepat. Ia lebih memilih untuk mengganti model bisnis dan manajemen risiko perusahaan yang lebih baik.

"Percuma copot-copot orang, tapi enggak beri solusi menyeluruh, harus ada sistem terpadu yang memberi solusi," katanya.

Di bawah ini adalah profil Dirut Pertamina Nicke Widyawati.

Profil Nicke Widyawati

Nicke Widyawati yang lahir pada 25 Desember 1967 ini lebih akrab dikenal sebagai seorang pengusaha Indonesia. Pada 1991, ia pernah menempuh pendidikan sarjana di Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan Teknik Industri. Pada tahun 2009, Nicke selanjutnya meneruskan magister dalam bidang Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran.

Dia mengawali kariernya sebagai Dirut Pertamina sejak 30 Agustus 2018, yang sebelumnya sempat menjadi Pj Direktur Utama menggantikan Elia Massa Manik. Pada tanggal 3 Oktober 2022, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina, Nicke kembali diberi amanah sebagai Dirut. Dengan demikian, wanita ini otomatis menjabat selama dua kali periode sebagai bos Pertamina.

Dianugrahi sejumlah penghargaan

Pada tahun 2013, sebagai salah satu Srikandi Indonesia, Nicke Widyawati sempat dianugrahi penghargaan "Women's Work of Female Grace" dari Indonesia Asia Institute. Pada tahun 2020, Nicke juga dinobatkan sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di luar Amerika Serikat oleh majalah Fortune. Sedangkan sebelum memegang jabatan sebagai Dirut Pertamina, Nicke Widyawati beberapa kali mengisi kursi eksekutif sejak tahun 2009. Dia juga pernah diberi amanah sebagai Direktur SDM Pertamina. Selain Pertamina, alumnus ITB ini bahkan tercatat pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero).

Menguasai harta kekayaan senilai Rp75 miliar

Nicke Widyawati tercatat sempat melaporkan harta kekayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dikutip dari laman LHKPN KPK, Senin (6/3/2023), pada 29 Maret 2022, Nicke mencatatkan harta kekayaan bersih senilai Rp75 miliar. Dari sekian hartanya, kas dan setara kas menjadi penyumbang terbesar dengan total Rp39.064.952.698. Nicke juga melaporkan 15 tanah dan bangunan dengan total nilai Rp32.845.000.000. Selain itu, dia juga melaporkan tiga buah mobil senilai Rp1.925.000.000.

Nicke juga tercatat menguasai harta bergerak lain dan harta lainnya, yang memiliki nilai sebesar Rp212 juta dan Rp1 miliar. Dengan demikian, total kekayaan Nicke pun tercatat senilai  Rp75 miliar, tepatnya Rp75.046.952.698 tanpa memiliki utang.

Demikianlah ulasan mengenai profil Nicke Widyawati, Dirut PT Pertamina (Persero) yang menjadi sorotan netizen setelah insiden kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi