Kekayaan Dito Ariotedjo, Menteri Baru yang Paling Muda dalam Kabinet Jokowi

| 04 Apr 2023 13:00
Kekayaan Dito Ariotedjo, Menteri Baru yang Paling Muda dalam Kabinet Jokowi
Menpora yang baru, Dito Ariotedjo. (Foto via Antara)

ERA.id -Ario Bimo Nandito atau yang lebih dikenal dengan nama Dito Ariotedjo secara resmi telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Ia dilantik menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri. Sebagai menteri termuda dalam kabinet tersebut, kira-kira bagaimana kekayaan Dito Ariotedjo?

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membacakan keputusan Presiden RI nomor 26/P tahun 2023 tentang pengangkatan Menpora. Pada 3 April 2023, keputusan tersebut dibacakan.

Pelantikan Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menpora/FOTO: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden  

Anak Mantan Direktur Utama PT Aneka Tambang

Dito merupakan politisi muda yang berkarier dari Partai Golkar. Ia lahir di Jakarta, pada 25 September 1990 dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara. Ayahnya sendiri adalah Direktur Utama PT Aneka Tambang sejak 2017 dan diberhentikan pada tahun 2019.

Pada periode 2017-2022, Dito memegang jabatan sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), organisasi kepemudaan yang berada di bawah naungan Partai Golkar.

Selain aktif di AMPI, sejak tahun 2010 Dito juga aktif di HIPMI Jaya (Jakarta Raya) dan menduduki jabatan sebagai ketua pada tahun 2016. Pada saat ini Dito memegang amanah sebagai Dewan Kehormatan HIPMI Jaya.

Adapun pada bidang olahraga, Dito Ariotedjo dipercaya sebagai Ketua Kontingen (Chef de Mission/CdM) Olimpiade Remaja (Youth Olympic Games) ke-3 oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Olimpiade yang diperuntukkan atlet berusia 14-18 tahun itu digelar di Buenos Aires, Argentina pada 6-18 Oktober 2018 silam.

Dito juga tercatat aktif berkarya sebagai Pengurus ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Provinsi DKI Jakarta. Pada tahun 2021 akhir, bersama Raffi Ahmad, serta CEO Prestige Motor, Rudy Salim, Dito berkolaborasi mendirikan dan membesarkan Rans Sport.

Sebelum diamanahkan sebagai menteri, Dito menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023. Dari bulan April 2022, Dito dipercaya tergabung ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Dari 7 anggota lainnya, Dito merupakan anggota tim ahli yang termuda.

Kekayaan Dito Ariotedjo

Dirinya tercatat ke dalam daftar majalah forbes 30 Under 30 Indonesia pada 2020. Pria yang kini berusia 32 tahun itu juga pernah mempunyai sejumlah bisnis. Ia mengawali bisnis di bidang energi dan pertambangan. Namun, nama perusahaan atau bisnis itu belum diketahui.

Pada tahun 2010, Dito mendirikan bisnis dalam bidang teknologi, yaitu Startup Grupara dan mempunyai coworking space. Namun, banyak sumber yang menyebutkan bahwa sejumlah bisnisnya itu sudah tidak lagi berjalan.

Dito juga dikenal cukup aktif dalam bidang olahraga. Pada tahun 2018, diketahui dirinya pernah dipercaya untuk memberikan kontribusi dalam perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang digelar di Buenos Aires, Argentina. Kepercayaan itu dilimpahkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Serta Komite Olimpiade Indonesia. Pada saat itu, dia ditetapkan sebagai Chef de Mission atau ketua kontingen Indonesia.

Demikianlah profil singkat dan kekayaan Dito Ariotedjo sebagai Menpora yang baru saja dilantik. Semoga amanah tersebut dapat dilaksanakan dirinya dengan baik.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi